Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
News

Satgas Covid-19 Beberkan Beberapa Faktor Kasus Covid -19 Meningkat Kembali

Rahman Hasibuan - 10/06/2022 19:09

Beritacenter.COM - Kasus Covid -19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa terakhir. Tercatat, pada hari Jumat (10/6/2022) kasus Covid -19 mengalami kenaikan 627 kasus.

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19, Alexander K Ginting mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan kasus Covid-19.

Pertama, mobilitas masyarakat yang semakin meningkat akibat pelonggaran prokes pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di level 1 dan 2.

"Anak sekolah sudah full dan pekerja sudah WFO 100 persen dan mereka berinteraksi di perjalanan," kata Alexander saat dihubungi.

Selanjutnya, pencapaian vaksinasi ketiga atau booster baik akselerasi dan akses tidak secepat sewaktu vaksinasi 1 dan 2 khusus nya pada populasi rentan.

"Kemudian (jenis varian) Omicron sepanjang masing ditularkan dan penularan maka tetap berpotensi terjadi mutasi. Lab virologi di Jakarta dan daerah tidak semuanya punya kemampuan untuk mendeteksi jenis mutasi," tuturnya.

Karena itu, lanjut dia, pemerintah diminta untuk tidak terburu-buru mencabut status pandemi menjadi endemi. Di mana untuk mencabut status tersebut, pemerintah harus mengamati sinyal virologi dan signal epidemiologi pada enam bulan ke depan.

"Apakah (setelah 6 bulan itu) benar-benar terkendali atau ada penularan seperti gunung es," pungkasnya.




Berita Lainnya

Pesan Haru Alam Ganjar Puji Perjuangan Sang Ayah

15/02/2024 18:38 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA