Saturday, 24 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Pakar UGM Tak Yakin Hubungan Mega-Jokowi Renggang, Hanya Bagi Peran

Lukman Salasi - 03/06/2022 18:54

BeritaCenter.COM - Pengamat politik UGM Wawan Mas'udi tidak yakin hubungan Presiden Jokowi dengan Megawati Soekarnoputri merenggang seperti yang diisukan banyak kalangan.

"Posisi bu Mega kan menjadi semacam penasihat untuk beberapa unit pemerintahan yang strategis. Jadi kalau dikatakan ada kerenggangan kok tidak ya," kata Wawan, Jumat 3 Juni 2022.

Justeru bagi Wawan, Jokowi dan Mega bukan merenggang, tapi tengah berbagi peran. Mega mengurusi internal partai sementara Jokowi memosisikan diri sebagai presiden yang mengemban fungsi tertentu.

"Ya pertama kita tidak tahu panggung depan, panggung belakang ya. Bisa jadi panggung depannya seolah-olah sedang tidak rukun atau bersama dan itu yang dibaca publik. Sementara jangan-jangan di panggung belakangnya itu sedang berbagi peran ini beliau berdua ini," ujarnya.

Pembagian peran itu, menurut Wawan, Mega memastikan konsolidasi di internal partai agar kelak tidak ada perselisihan dalam memutuskan proses politik. Khususnya untuk pencalonan Presiden maupun Wapres.

"Kebijakan yang dilakukan kan mungkin terus membangun komunikasi, membiarkan yang ada tetapi pada saat yang bersamaan beliau kan tetap memposisikan diri sebagai solidarity maker-nya partai kan," jelasnya.

Sementara Jokowi, memposisikan diri sebagai Presiden yang harus melakukan fungsi-fungsi tertentu. Baik itu fungsi kenegaraan maupun fungsi untuk proses kaderisasi calon kepemimpinan ke depan.

"Karena kan pasca 2024 pasti masih akan sangat banyak program yang belum selesai. Program utamanya Jokowi yang belum selesai dan itu kan harus dijamin sustainabilitasnya atau setidaknya dilanjutkan," bebernya.

Wawan meyakini kendati pertemuan di depan publik tidak dilakukan, keduanya tetap melakukan komunikasi. 

"Saya yakin sebenarnya ada proses komunikasi yang terus dijalin antara presiden dengan ketua partai khususnya PDIP pasti pertemuan-pertemuan rutin itu ada, komunikasi-komunikasi itu," paparnya.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA