Friday, 01 Jul 2022
Temukan Kami di :
Hasanah

Harus Tahu ! Begini Hukumnya Pamer Sedekah di Media Sosial

Baharuddin Kamal - 18/05/2022 17:00 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Secara sederhana, sedekah dipahami sebagai memberikan sesuatu kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sebenarnya sedekah ini lebih luas daripada sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah sendiri tidak hanya mencakup mengeluarkan atau menyumbangkan harta, tapi mencakup segala amal atau perbuatan baik.

Dalam Islam, sedekah merupakan suatu hal yang baik, bahkan dianjurkan.

Kemudian, mengenai memamerkan sedekah baik itu dalam media sosial atau media lainnya itu boleh-boleh saja, apalagi dengan tujuan yang baik.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Baqarah ayat 271, yakni:
إِن تُبْدُوا۟ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا ٱلْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمْ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

In tubduṣ-ṣadaqāti fa ni'immā hiy, wa in tukhfụhā wa tu`tụhal-fuqarā`a fa huwa khairul lakum, wa yukaffiru 'angkum min sayyi`ātikum, wallāhu bimā ta'malụna khabīr

Artinya: “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Dalam hal ini, ayat tersebut mengatakan bahwa berbuat sedekah baik secara terbuka maupun tertutup, keduanya adalah perbuatan yang baik. Namun, jika dilakukan secara diam-diam, maka itu lebih baik.

Mengenai hal ini, Rasulullah Saw., mengandaikan dengan sebutan bahwa memberikan sedekah dengan tangan kanan dan karena sangat ikhlas, tangan kirinya tidak melihat apa yang diberikan oleh tangan kanan.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika memamerkan sebuah sedekah kepada orang lain, baik melalui media ataupun non media adalah rasa riya’ di dalam hati atau keinginan untuk dipuji orang lain karena telah melakukan amal baik.

Tentu saja, jika tujuan dari memamerkan sedekah itu adalah rasa ingin dipuji orang lain, maka pahalanya akan hilang. Sedangkan jika tujuannya adalah supaya memotivasi orang lain agar melakukan hal yang sama, maka itu boleh-boleh saja, selagi di dalam hati tidak memiliki keinginan untuk dipuji.

Demikianlah paparan singkat mengenai memamerkan amal sedekah kepada orang lain. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.




Berita Lainnya

5 Cara Atasi Patah Hati dalam Islam

30/06/2022 00:23 - Rahman Hasibuan

2 Tempat Terlarang untuk Shalat

23/06/2022 12:31 - Rahman Hasibuan

Inilah 6 Makanan yang Diharamkan dalam Islam

20/06/2022 14:00 - Rahman Hasibuan

Ketahuilah Ini 9 Adab Masuk Rumah!

16/06/2022 18:50 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA