Friday, 01 Jul 2022
Temukan Kami di :
Nasional

Ternyata Ini Alasan Singapura Tolak UAS

Lukman Salasi - 18/05/2022 07:06

BeritaCenter.COM – Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS) mengaku tidak dibolehkan masuk ke Singapura lalu dideportasi. UAS berserta keluarga ke Singapura dalam rangka berlibur.

Kementerian Dalam Negeri Singapura akhirnya mengungkap alasan menolak Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS). Pernyataan Kemendagri Singapura itu dirilis melalui situs resminya. 

Menurut Kemendagri Singapura, UAS dikenal penceramah ekstremis dan mengajarkan perpecahan umat.

"Somad dikenal sebagai penceramah ekstremis dan mengajarkan segregasi, yang tidak dapat diterima dalam masyarakat multi-ras dan multi-agama Singapura. Misalnya, Somad telah mengkhotbahkan bahwa bom bunuh diri adalah sah dalam konteks konflik Israel-Palestina, dan dianggap sebagai operasi 'syahid'," tulis Kemendagri Singapura seperti dilihat BeritaCenter, Rabu 18 Mei 2022. 

Alasan lain, UAS disebut merendahkan komunitas umat beragama lain. Untuk itu, UAS ditolak masuk ke Singapura.

"Dia juga membuat komentar yang merendahkan anggota komunitas agama lain, seperti Kristen, dengan menggambarkan salib Kristen sebagai tempat tinggal 'jin (roh/setan) kafir'. Selain itu, Somad secara terbuka menyebut non-Muslim sebagai 'kafir' (kafir)," lanjutnya.

"Masuknya seorang pengunjung ke Singapura bukanlah otomatis atau hak. Setiap kasus dinilai. Sementara Somad berusaha memasuki Singapura dengan pura-pura untuk kunjungan sosial. Pemerintah Singapura memandang serius siapa pun yang menganjurkan kekerasan dan/atau mendukung ajaran ekstremis dan segregasi. Somad dan teman perjalanannya ditolak masuk ke Singapura," tulis Kemendagri Singapura.




Berita Lainnya

TOP! Polri Raih WTP 9 Kali Berturut-Turut

29/06/2022 15:46 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA