Wednesday, 10 Aug 2022
Temukan Kami di :
Kesehatan

Waspada! Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Cara Ini

Lukman Salasi - 17/05/2022 08:31

BeritaCenter.COM – Sekretaris Direktorat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizia menyebut dugaan atau kemungkinan penularan hepatitis akut misterius. Dia memperkirakan penularan lewat dua cara.

"Penularan daripada hepatitis akut berat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara atau airborne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut sebagai adenovirus," ucapnya seperti dikutip BeritaCenter, Selasa 17 Mei 2022.

"Kemudian virus hepatitis sendiri ya sebagian besar menyebar atau menular melalui makanan atau fecal oral," jelasnya.

Untuk itu, dr Siti menyebut cara pencegahannya tidak jauh berbeda dengan penyakit-penyakit dengan jalur penularan serupa. Untuk kemungkinan menular melalui fecal oral, cara pencegahannya adalah dengan menerapkan higiene dan sanitasi.

"Tentunya menerapkan higiene dan sanitasi personal kemudian cuci tangan menggunakan alat makan yang terpisah, itu yang harus dipastikan orang tua kepada anak-anaknya," jelas dr Nadia.

"Yang kedua adalah menggunakan masker. Ini juga tetap penting sebagaimana kita tahu pandemi COVID-19 belum berakhir," tambahnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA