Wednesday, 10 Aug 2022
Temukan Kami di :
Nasional

Waspada! Sudah Ada 15 Kasus Hepatitis Misterius di Indonesia

Lukman Salasi - 10/05/2022 10:18

BeritaCenter.COM – Kasus hepatitis akut misterius tengah menjadi masalah baru dan perlu kewaspadaan masyarakat dunia dan juga Indonesia. Untuk Indonesia saat ini dilaporkan sudah ada 15 kasus hepatitis misterius.

Hal ini dilaporkan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin, 9 Mei 2022.

"Tanggal 27 April, jadi 4 hari sesudah WHO menyampaikan adanya outbreak di Eropa ini, Indonesia menemukan tiga kasus di Jakarta. Tanggal 27 April itu kita sudah langsung mengeluarkan surat edaran agar semua rumah sakit dan dinas kesehatan melakukan surveilans terhadap kasus ini. 30 April Singapura mengumumkan kasus yang pertama dan sampai sekarang kondisinya di Indonesia ada 15 kasus," jelasnya.

Juru bicara Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi sebelumnya menyebut sudah ada 4 kasus kematian anak diduga terkait hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya alias misterius. Keempatnya berusia 11 tahun ke bawah dan hanya satu yang sudah mendapat vaksin COVID-19 lengkap.

Dari keempat kasus meninggal, tiga di antaranya dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dan satu kasus terbaru dilaporkan di Tulungagung. Kasus terakhir masih dalam penelusuran epidemiologi.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab hepatitis akut yang tengah mewabah di sejumlah negara tersebut. Namun dugaan paling kuat mengarah ke adenovirus, salah satu virus yang menyerang pencernaan dan memicu diare.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA