Wednesday, 10 Aug 2022
Temukan Kami di :
Keuangan

Inilah Tips Agar THR Tidak Numpang Lewat

Rahman Hasibuan - 26/04/2022 01:30

Beritacenter.COM - Menjelang lebaran, biasanya sebagian besar karyawan atau pekerja di Indonesia mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Uang tersebut, terkadang membuat kita kalap dan digunakan untuk berbagai keperluan untuk diri sendiri atau sanak keluarga terdekat.

Gimana nggak, momen berkumpul dengan sanak keluarga terdekat dan juga tersayang adalah hal yang tidak dapat dilewatkan di Hari Raya Idul Fitri. Berbagi kebahagian juga tak luput dari momen tersebut.

Eits, tapi kalian harus bijak ya dalam mengelola dana THR. Kalian harus juga bisa mengalokasikannya secara tepat, agar keuangan terkendali. Yang terpenting, kalian tahu apa yang dibutuhkan menjelang lebaran nanti. Berikut ini adalah tips supaya kalian bisa mengelola dana THR!


Pisahkan THR dengan Gaji

Ketika lihat nominal yang ada di rekening kalian tiba-tiba besar gegara masuknya dua sumber keuangan, tahan, jangan kalap! Tapi, kalian harus langsung pisahkan antara gaji dan THR.

Buat batasan, mana yang gaji dan mana yang THR. Ini penting, agar dapat meminimalisir terjadinya pengeluaran berlebih yang kurang penting. Buat gaji, tetap kalian alokasikan untuk kebutuhan bulanan, sementara THR untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri, seperti berzakat atau juga salam tempel dan lainnya.

Tentukan Anggaran Hari Raya Idul Fitri

Kalian harus buat daftar yang sangat rinci sesuai kebutuhan ya tapi, bukan keinginan buat menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Semisal, ada budget buat tiket atau ongkos pulang kampung, biaya membeli bahan pokok buat Lebaran, membeli baju untuk orang tersayang, dan menyisihkan THR untuk sanak keluarga.

Intinya, semakin rinci, semakin baik. Semakin keuangan kalian akan terkendali. Anggaran ini bisa bantu kalian untuk menghindari over budget akibat anggaran yang tidak ditentukan di awal.

Beramal

Setelah kalian menentukan memisahkan mana THR dan mana gaji, juga membuat anggaran, beramal untuk mereka yang kurang beruntung jangan sampai dilupakan. Baik itu amalan yang wajib seperti zakat, atau yang tidak wajib seperti infak atau wakaf buat kalian yang muslim. Ibarat kata orang, apa yang kalian tabur, itulah yang akan kalian tuai. Semakin banyak kebaikan yang kalian tabur kepada sesama, semakin banyak juga balasan yang setimpal dari hal tersebut. Nah, beramal juga perlu perhatiin waktu-waktu terbaiknya, contohnya beramal di waktu subuh atau di hari Jumat. Di waktu-waktu terbaik itu, amalanmu bisa dapetin pahala lebih besar.

Kemudahan beramal di waktu yang terbaik jadi momen yang harus kalian raih. Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf jadi lebih mudah dan praktis bersama Amalan Rutin di Social Banking Danamon. Selain kalian bisa mendapatkan keberkahan dalam berbagi, kalian juga akan mendapatkan saldo tabungan wadiah Rp 25 ribu dan wakaf atas nama nasabah Rp 10 ribu kalau beramalnya lewat Social Banking, bebas administrasi setiap transaksi Amalan Rutin juga lho!

Belanja Cerdas

Momen Hari Raya Idul Fitri terkadang bisa bikin kalap belanja bagi sebagian orang. Eits, nggak ada salahnya sih kayak gitu, asal jadi pembeli yang cerdas ya. Kalian bisa belanja apa yang dibutuhkan dengan tetap keuangan terkendali kok.

Kalian bisa gunakan beragam promo menarik dan hemat dari Bank Danamon, lho. Bersama Bank Danamon, Ramadan dan lebaran jadi lebih terkendali. Kalian bisa mendapatkan diskon hingga Rp 350 ribu untuk kebutuhan belanja di e-commerce favorit kalian. Terus kalian juga bisa menghemat hingga 40% saat kalian ngabuburit hingga beli belanjaan buat lebaran nanti. Dan satu lagi, kalau kalian ingin mencicil pun, ada cicilan 0% sampai dengan 12 bulan lho. Worth it banget kan?

Siapkan Dana Darurat

Terakhir, jangan lupa sisihkan sebagian uang ekstra dari THR untuk disimpan sebagai Dana Darurat yang dapat bermanfaat di kemudian hari. Karena hidup kalian bukan hanya untuk hari ini aja, tapi ada hari esok yang perlu kalian jalankan.

Untuk hal ini, kalian bisa siapkan dana darurat dalam bentuk cash untuk stabilitas juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Nah, itulah beberapa tips mengendalikan THR kalian biar nggak cuma numpang lewat! Bersama Danamon, kalian bisa bikin #RamadanTerkendali. Saat lebaran anggaran aman, pasca lebaran anggaran terkendali. Yuk, cek di sini untuk info lebih lengkapnya!

 




Berita Lainnya

Inilah Tips Agar THR Tidak Numpang Lewat

26/04/2022 01:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA