Thursday, 11 Aug 2022
Temukan Kami di :
Bisnis

Netflix Bakal Lakukan Ini Demi Jaring Pelanggan dan Berikan Paket Lebih Murah

Aisyah Isyana - 23/04/2022 01:32

Beritacenter.COM - Platform streaming film, Netflix, bakal melakukan ujicoba mengenakan biaya tambahan ke para pengguna yang membagikan akun dan kata sandi mereka ke orang-orang yang berbeda rumah. Rencananya, pengujian itu akan segera dilakukan di Chile, Kosta Rika dan Peru.

Sementara itu, CEO Netflix Reed Hastings, sebelumnya juga telah mengatakan ke sejumlah investor dan analis jika platformnya akan terbuka untuk mengeksplorasi potensi menonton berbasis iklan, sehingga biaya langganan yang dikeluarkan pengguna akan lebih murah. Netflix melakukan hal itu guna menjaring lebih banyak pengguna baru.

Adapun hal itu dilakukan usai sebelumnya Netflix ditinggal 200 ribu pelanggannya, hingga membuat harga saham anjlok hingga 35%. Alhasil, hal itu membuat kapitalis pasar Netflix turun hingga US$ 50 miliar atau setara Rp 715 triliun (kurs Rp 14.300/dolar AS).\

Tersungkurnya harga saham Netflix ini terjadi usai perusahaan mengumumkan hasil kinerja kuartal I 2022. Penurunan pelanggan hingga 200 ribu orang ini merupakan yang pertama kalinya terjadi pada rasksasa streming video itu dalam satu dekade terakhir.

Hastings mengatakan, persaingan pasar saat ini telah membuat Netflx harus memikirkan kembali strategi yang membuat para penggunanya dapat terus menggunakan Netflix. Bos Netflix ini sejatinya tak lebih suka kompeleksitas iklan ketimbang kesederhanaan berlangganan. Hanya saja, dia menyadari jika Netflix telah menjangkau sejumlah besar pengguna rumah tangga, sehingga Netflix perlu membuat beberapa perubahan.

Untuk itu, Netflix pun berencana memberikan paket langganan murah yang bakal didukung dengan iklan. Hanya saja, rencana itu saat ini masih belum siap, dan disebut Hastings masih akan membutuhkan hingga 2 tahun guna mematangkan rencana tersebut.

Pasalnya, Netflix masih akan melihat lebih dulu apakah para pengguna akan tertarik untuk menonton iklan, meski mereka sejatinya juga sudah membayar biaya berlangganan. Selain itu, Netflix juga dinilai harus mempertimbangkan soal seberapa mengganggu iklan tersebut. Diamana para pengguna akan mengalami jeda iklan saat menonton.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA