Wednesday, 05 Oct 2022
Temukan Kami di :
Investasi

Ditinggal 200 Ribu Pelanggan Buat Saham Netflix Anjlok 35%, Valuasi Turun Lebih Rp700 T

Aisyah Isyana - 21/04/2022 22:20

Beritacenter.COM - Setelah ditinggal 200 ribu pelanggannya. harga saham Netfilx seketika anjlok hingga 35%. Alhasil, hal itu membuat kapitalis pasar Netflix turun hingga US$ 50 miliar atau setara Rp 715 triliun (kurs Rp 14.300/dolar AS).

Tersungkurnya harga saham Netflix ini terjadi usai perusahaan mengumumkan hasil kinerja kuartal I 2022. Dimana dalam laporan perusahaan itu disebutkan jika Netflix telah kehilangan 200.000 pelanggannya di kuartal pertama 2022, seperti dilansir CNN, Kamis (21/04/2022).

Penurunan pelanggan hingga 200 ribu orang ini merupakan yang pertama kalinya terjadi pada rasksasa streming video itu dalam satu dekade terakhir. Jelas hal ini menjadi pukulan besar bagi Netflix, meningat target peruhsahaan itu menambah 2,5 juta pengguna di kuartal pertama.

Seakan masih belum cukup buruk, Netflix bahkan diperkirakan bakal dihantui mimpi buruk kehilangan 2 juta pelanggannya lagi. Jumlah pelanggan Netflix yang terus berkurang tentunya membuat para investor khawatir dengan masa depan platform streaming film itu.

Laporan perusahaan turut menyalahkan benyak faktor yang membuat para pelanggan Netflix kabur. Diantaranya, karena ketatnya persaingan pasar hingga pembagian kata sandi yang meluas. Neflix mengestimasi terhadapat sekitar 100 juta rumah tangga saat ini yang berbagi password dengan keluarga dan sahabatnya, seperti dilansir CNBC, Kamis (21/4/2022).

Selain itu, tak diberlakukannya pembatasan pandemi Corona disebut turut berdampak, lantaran orang-orang kini tak akan sering berada dirumah lagi seperti sebelumnya. Tak hanya itu, faktor makro juga turut mempengaruhi kinerja perusahaan, seperti lambannya pertumbuhan ekonomi, inflasi, hingga peristiwa geopolitik seperti invasi Rusia ke Ukrina.

Dimana sebelumnya perusahaan juga mengatakan bahwa saat mereka menarik diri dari Rusia saja telah membuat Netfilix merugi hingga 700 ribu pelanggan. Tanpa itu pun, Netflix disebut masih akan kehilangan pelanggannya hingga 2 juta.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA