Friday, 01 Jul 2022
Temukan Kami di :
Teknologi

Kominfo Tegaskan Pemerintah Tak Pernah Retas Akun Sosmed Mahasiswa Jelang Aksi 11 April

Anas Baidowi - 11/04/2022 09:29

Beritacenter.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate menegaskan bahwa pemerintah tidak pernah melakukan peretasan akun medsos milik beberapa pimpinan organisasi mahasiswa jelang aksi demonstrasi 11 April 2022. Ia menyarankan pengguna medsos harus selalu berhati-hati karena serangan siber itu setiap detik terjadi.

"Tidak ada peretasan, pemerintah tidak pernah melakukan. Tapi yang harus kita ketahui bahwa serangan siber itu setiap detik terjadi," kata Plate, Senin, 11 April 2022.

Ia menyarankan agar semua pihak mesti menjaga ruang digital supaya terjaga dengan baik, termasuk seperti kode enkripsi. Menurutnya, setiap pengguna platform media sosial memiliki one-time password (OTP) yang dapat digunakan untuk melindungi akun. Dari sana, kominfo mengimbau agar setiap orang sering mengganti password duna menghindari peretasan.

"Sehingga jangan sampai terjadi hal-hal seperti itu (peretasan akun media sosial). Kemudian setiap kali ada serangan-serangan (siber) dituduhkan kepada pemerintah, apalagi dalam agenda atau event seperti begini," sambungnya.

Ia juga memastikan tugas dan peran Pemerintah, khususnya Kementerian Kominfo, untuk menjaga ruang digital tetap kondusif dan sehat.

Selama jadi Menkominfo, Plate menyatakan dirinya telah berkomitmen untuk menjaga kebebasan pers, ekspresi pendapat, kebebasan menyampaikan pendapat, hingga kebebasan berbicara.

"Tetapi serangan siber terjadi terus-menerus. Sehingga kita juga harus menjaga bersama, agar selalu mengganti password kita, juga platform penyelenggara sistem elektronik menjaga enkripsinya dengan baik," pungkas tutur Plate.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA