Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
News

Menyerahkan Diri ke TNI, 2 Anggota Pembebasan Papua Barat Janji Setia ke NKRI

Aisyah Isyana - 03/04/2022 11:40

Beritacenter.COM - Dua anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) kembali ke pangkuan NKRI. Keduanya menyerahkan diri ke prajurit TNI AD di Markas Koramil 1804-07/Kambrauw, Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Dikatakan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VXIII/Kasuari Kolonel Arm Hendra Pesireron, kedua anggota TPNPB-OPM itu diketahui bernama Natalis Watora (25) dan Engel Feneteruma (31). Keduanya dengan suka rela menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI.

"Keduanya menyerahkan diri secara sukarela di Markas Koramil 1804-07/Kambrauw, Kampung Sunua, Distrik Kambrauw, Kabupaten Kaimana," ujar Hendra Pesireron seperti dilansir Antara, Minggu (3/4/2022).

Hendra mengatakan, penyerahan diri kedua eks anggota OPM itu turut dilakukan dengan penyerahan barang bukti senjata seperti 2 mata panah, 2 peluru senapan angin kaliber 3 Mm, dan barang bukti lainnya.

Natalis dan Engel memtuskan untuk menyerahkan diri ke prajurit TNI, usai sebelumnya melarikan diri dari kelompok Jonair Waga dan simpatisannya yang melakukan aksi di pertigaan masuk TPU yang berjarak kurang lebih 200 meter sebelah barat Yonif 764/IB.

"Mereka melarikan diri dari kelompok dikarenakan takut dalam pelaksanaan aksi dan merasa telantar sehingga keduanya berniat kembali dengan berjalan kaki mengikuti pinggiran hutan sepanjang jalan menuju Kampung Tanggaromi," ujar Kolonel Arm Hendra.

Kini, kedua anggota TPNPB-OPM itu telah membuat surat pernyataan untuk kembali setia kepada NKRI dan tunduk terhadap semua hukum yang berlaku di Indonesia.

"Saya berjanji tidak akan mengulangi apa yang telah kami perbuat dan selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mendukung segala bentuk kebijakan pemerintah Republik Indonesia," ujar Natalis berjanji.

Dia juga turut mengimbau warga Kampung Rauna lainnya untuk tidak terpengaruh degnan ajakan pihak-pihak tak bertanggung jawab, khususnya warga luar Kaimana untuk berbuat anarkis dan kriminal.




Berita Lainnya

Pesan Haru Alam Ganjar Puji Perjuangan Sang Ayah

15/02/2024 18:38 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA