Thursday, 11 Aug 2022
Temukan Kami di :
Bisnis

Setelah McD, Kini Giliran Nestle Hingga Perusahaan Game 'Sony' Ikut Cabut dari Rusia

Aisyah Isyana - 10/03/2022 08:57

Beritacenter.COM - Setelah sebelumnya McDonal's mengumumkan untuk menutup ratusan gerai mereka di Rusia, belakang dilaporkan perusahaan yang memilih hengkang dari Rusia makin banyak. Nestle, Philip Morris, hingga perusahaan pembuat video game 'Sony' juga ikut angkat kaki dari Rusia.

Adapun hal itu dilakukan perusahaan-perusahaan setelah mendapat tekanan dari para konsumen negara lain yang menentang adanya invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Nestle yang merupakan kelompok makanan kemasan terbesar di dunia memutuskan untuk menghentikan investasinya di Rusia. Adapun hal itu dilakukan sejalan dengan saingannya Procter & Gamble (PG.N) dan Unilever (ULVR.L).

Sony divisi perfilman telah menghentikan rilis film mereka di Rusia. Dimana tindakan itu juga diikuti Sony Interactive Entertainment yang dengan tegas juga menghentikan pengiriman unit games dan operasi mereka di Rusia.

"Sony Interactive Entertainment bergabung dengan komunitas global dalam menyerukan perdamaian di Ukraina," katanya, mengutip dari Reuters, Kamis (10/3/2022).

Produsen rokok Philp Morris dan Imperial Brands (IMB.L) juga memutuskan menghentikan produksi mereka di Rusia. Camel British American Tobacco Plc (BATS.L) menyebut bisnis mereka di Rusia akan tetap beroperasi, namun mereka telah menangguhkan investasi modal.

Sekedar diketahui, sejumlah perusahaan memutuskan untuk mundur dan angkat kaki dari Rusia, lantaran kesulitan beroperasi akibat sanksi, dan kurangnya pasokan bahan, hingga mendapat banyak tekanan dari konsumen dan investor.

Perusahaan minyak rasasa BP sebelumnya menjadi salah satu yang hengkang meninggalkan Rusia, sejak penyerangan dilakukan ke Ukraina. Selain itu, Shell dan Equinor dari Norwegia juga turut hengkang dari Rusia. Kemudian, juga diikuti TotalEnergies yang menyatakan tak akan menyediakan modal baru untuk proyek-proyek di Rusia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA