Thursday, 11 Aug 2022
Temukan Kami di :
Bisnis

WOW !! Gas Elpiji 12 Kg Naik Meroket, ini Harganya di Agen

Rahman Hasibuan - 02/03/2022 17:45

Beritacenter.COM - PT Pertamina (Persero) menaikkan harga LPG non subsidi dua kali dalam rentang waktu tiga bulan. Dengan demikian, LPG non subsidi tabung 5 kilogram (Kg) dan 12 Kg secara resmi mengalami kenaikan.

Harga LPG oleh agen penjualan gas Margahayu, Bekasi Timur. Hasilnya kenaikan terjadi pada rentang harga Rp 191.000 hingga yang paling mahal sebesar Rp 198.000 per tabung dengan ukuran 12 Kg di agen penjualan gas.

"Gas 12 Kg kita jual Rp191.000 per tabung. Ini udah dua kali naik ya, pertama kan Desember lalu," kata Salah Satu Agen Gas Ucok di Bekasi Timur, Jawa Barat, Rabu (2/3).

Ucok mengatakan, harga ini hanya untuk pembelian langsung di agen. Harga akan berbeda jika konsumen membeli gas di warung atau toko kelontong. Harga yang ditawarkan bisa mencapai Rp198.000 hingga Rp200.000 per tabung untuk ukuran 12 Kg.

"Ini harga di agen. Kalau di warung beda lagi. Tergantung mereka. Kan mereka juga ada ongkos angkut dari sini ke tempat dia berjualan. Bisa jadi harga dinaikkan," katanya.

Ucok mengaku, kenaikan harga ini membuat penjualan gas 12 Kg menurun. Masyarakat enggan membeli karena harganya terus menanjak. "Jarang yang beli sebenarnya barang ini. Paling banyak jelas yang gas melon (3 Kg). Ini (12 Kg) harganya naik terus," kata dia.

Harga Gas 5 Kg

Sementara untuk harga tabung Bright Gas 5,5 Kg di tingkat agen resmi dijual dengan harga pada kisaran Rp 94.000 hingga Rp 98.000 per tabung. Gas ini banyak ditemukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan minimarket.

Salah satu petugas SPBU di kawasan Bekasi mengatakan, adanya kenaikan ini, tidak berpengaruh terhadap penjualan. Sebab, target konsumen adalah restoran atau rumah makan, serta pembeli-pembeli besar seperti hotel.

"Kalau disini targetnya restoran-restoran untuk kalangan atas. Jadi tidak ada penurunan yang signifikan. Dia tetap beli meski ada kenaikan," jelasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA