Wednesday, 18 May 2022
Temukan Kami di :
Bola

Inilah 4 Pemain Timnas Indonesia Berpotensi Cemeralang Lawan Timor Leste

Rahman Hasibuan - 27/01/2022 12:15

Beritacenter.COM - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste dalam dua pertandingan uji coba internasional yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Masing-masing pada Kamis (27/1/2022) dan Minggu (30/1/2022).

Duel pertama akan menjadi langkah awal skuat arahan Shin Tae-yong dalam mengarungi tahun ini. Sebab, ini merupakan pertandingan pertama Timnas Indonesia sejak menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Pertandingan ini akan sangat menarik karena sepak bola Timor Leste mulai berkembang. Kiprah Timor Leste di Piala AFF 2020 memang tidak bagus. Mereka menjadi juru kunci Grup A Piala AFF 2020 dengan tanpa poin, tanpa gol, dan 13 kali kebobolan.

Dalam sejarah pertemuan di level A match, Timnas Indonesia dan Timor Leste sudah empat kali bertemu sejak kali pertama pada 2010.

Dalam empat pertemuan tersebut, tiga di antaranya berbentuk laga uji coba internasional yang selalu digelar pada November, yaitu pada 2010, 2012, dan 2014. Satu pertemuan lainnya terjadi di Piala AFF 2018 lalu, saat Tim Garuda menang 3-1 atas Timor Leste.

Mayoritas pemain yang masuk skuat untuk laga uji coba merupakan anggota Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Adapun pembedanya ada tambahan enam wajah baru yang makin menambah kualitas skuad Garuda.

Mereka adalah Muhammad Adisatryo (Persik), Achmad Figo (Arema FC), Sani Rizki (Bhayangkara FC), Terens Puhiri (Borneo FC), Marselino Ferdinan (Persebaya) dan Ronaldo Kwateh (Madura United). Pemanggilan nama-nama di atas diyakini untuk menambah kualitas permainan Timnas Indonesia.

Maklum, pemain yang dipanggil semuanya berkarier di klub Indonesia. Shin Tae-yong tak memanggil pemain-pemain yang berkarier di klub luar negeri.

Nadeo Argawinata

Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan IndonesiaTimnas Indonesia BRI Liga 1 merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di IndonesiaBRI Liga 1.

Nadeo Argawinata kemudian tampil saat berhadapan dengan Vietnam. Menariknya, duel ini berakhir imbang tanpa gol dan menjadi satu-satunya laga Timnas Indonesia yang berakhir clean sheet alias tidak kebobolan. Dia kemudian selalu jadi pilihan di bawah mistar selama Piala AFF 2020.

Penampilan paling mengesankannya adalah di leg kedua semifinal kontra Singapura. Jika Singapura berhasil mencetak gol lewat penalti, maka pertandingan kemungkinan akan berakhir di sini dan Timnas Indonesia harus angkat koper.

Faris Ramli ditunjuk jadi eksekutor penalti pada saat injury time. Dia mengarahkan bola ke sisi kiri gawang Timnas Indonesia. Beruntung, Nadeo mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan memblok sepakan Faris.

Kiper asli Kediri ini diprediksi masih akan diandalkan untuk menghadapi Timor Leste. Kemampuannya dalam menghalau tembakan dan melakukan penyalamatan akan membantu pertahanan Timnas Indonesia.

Pratama Arhan

Bek kiri satu ini memiliki kemampuan yang unik. Dia bisa melakukan lemparan ke dalam dengan jangkauan yang jauh hingga menembus kotak penalti lawan. Tapi, kemampuannya tidak hanya urusan itu.

Tampil dalam enam pertandingan Piala AFF 2020, pemain berusia 21 tahun tersebut sudah menyumbang dua gol dan tiga assist. Angka ini merupakan kontribusi yang ciamik untuk seorang pemain yang berposisi sebagai bek kiri.

Dia juga lebih banyak membantu serangan. Selain upaya umpan pendek atau crossing, pemain milik PSIS Semarang ini kerap membantu memberi ancaman dengan kekuatannya dalam menembak dan mengirim umpan kunci.

Marselino Ferdinan

Gelandang muda milik Persebaya Surabaya merupakan pemain yang baru dipanggil dan tidak masuk skuat Piala AFF 2020. Pemain berusia 17 tahun itu sebenarnya bukan wajah baru di skuad Timnas Indonesia.

Karier Marselino Ferdinan melejit ketika membela skuat Timnas Indonesia U-16 di bawah arahan Bima Sakti. Duel melawan Timor Leste akan menjadi debutnya bersama Timnas Indonesia senior pada usia yang masih sangat belia.

Bermain di BRI Liga 1 2021/2022, sosok satu ini sudah menjadi pemain yang secara reguler masuk starting eleven Persebaya. Total sudah empat gol dan lima assist yang disumbang oleh pemain berusia 17 tahun itu dalam 15 penampilan BRI Liga 1.

Kontribusi Marselino Ferdinan tidak sebatas pada pergerakannya yang membuat lawan kian waspada. Tidak juga hanya tembakannya yang membahayakan. Tapi, umpan-umpan setelah dribel juga kerap mengejutkan lawan.

Marselino Ferdinan biasanya menempati posisi gelandang serang. Dia adalah pemain yang ditugaskan memberi kejutan dengan kemampuannya melepas tembakan jarak jauh dengan keras.

Irfan Jaya

Pemain satu ini merupakan bintang yang kembali mencuat bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Winger milik Bali United adalah pemain sarat pengalaman di kasta teratas dan level internasional bersama timnas.

Pada ajang Piala AFF 2020 di Singapura, Irfan menjadi satu di antara pemain tersubur dalam mencetak gol sekaligus membawa skuad asuhan Shin Tae Yong menembus final.

Meskipun gagal juara, kontribusi Irfan Jaya di lapangan hijau sangat memukau dengan torehan 3 gol bagi Timnas Indonesia.

Kemampuannya dalam mendribel dan melepas tembakan akan melahirkan tekanan untuk Timor Leste yang kualitasnya berada di bawah skuat Garuda.

 




Berita Lainnya

Bayern Munchen Incer Striker Liverpool Sadio Mane

18/05/2022 12:05 - Rahman Hasibuan

Bayern Munchen Ajukan Tawaran ke Paul Pogba

14/05/2022 00:25 - Rahman Hasibuan

PemainBertahan Chelsea Sepakat Gabung Real Madrid

11/05/2022 23:45 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA