Wednesday, 18 May 2022
Temukan Kami di :
Hasanah

Simak ! Ini Alasannya Mengapa Kita Harus Pahami Kandungan Surat Al-Fatihah

Baharuddin Kamal - 18/01/2022 11:05 Surat Al-Fatihah.

Beritacenter.COM - Al-Fatihah merupakan surat pertama dalam Alquran yang begitu istimewa keutamaannya dibanding dengan surat-surat lain. Sehingga surat ini wajib dibaca dalam setiap rakaat shalat.

Pimpinan Pesantren Tahfizh Mutiara Darul Qur'an Cijamil, Ustadz Teguh Turwanto, menyampaikan, cara mudah memahami kandungan surat Alfatihah terutama untuk pemula adalah dengan menyediakan waktu untuk mentaddaburinya. Allah SWT dalam surat Shaad ayat 29 berfirman:

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الألْبَابِ "Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka mentadabur ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran."

Ustadz Teguh Turwanto alumni Ponpes Gontor ini mencontohkan, jika seseorang ingin mendapatkan mutiara dari dasar lautan, tapi hanya berdiri di tepi pantai, menikmati pasir putih, nyanyian burung camar, debur ombak dan sepoinya angin tepi pantai, kira-kira kapan dia akan mendapatkan mutiara dan berapa banyak yang didapatnya? "Tidak ada. Karenanya, dia harus menyelam dan membongkah batu-batu karang," katanya saat menyampaikak tausiyah daringnya, Jumat (26/2).

Seperti itulah, kata Ustadz Teguh, orang yang membaca Alquran tapi tidak memahami isinya, menghafal tetapi miskin pemahaman. Dia harus menyelam membongkah batu-batu karang untuk memperoleh mutiara. Begitulah cara bertadabur.

Saat menafsirkan ayat 29 Shaad, Syekh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithi berkata, "Maksudnya adalah memahami sedikit demi sedikit ayat-ayat tersebut, berpikir tentangnya, memperdalam pengamatan ke dalamnya sehingga memahami hidayah-hidayah yang dikandungnya." (Lihat Adhwa'ul Bayan 6/344).

Syekh Ibn Qoyyim Al-Jauziy juga mengatakan, seorang hamba akan selamat dunia akhirat jika senantiasa mentadaburi Alquran, karena akan mendapatkan petunjuk-petunjuk dari Alquran, tentang kebaikan dan keburukan, hak dan batil sehingga mengokohkan fondasi keimanannya, tidak akan tersesat selamanya dalam menjalani kehidupannya.

Begitu juga kata Ustadz Teguh, jika mampu mentadaburi al-Fatihah ayat demi ayat dengan baik, insya Allah sholat pun menjadi lebih khusyu', bahkan bisa meneteskan air mata, minimal hatinya menangis jika dibaca secara perlahan-lahan. "Dan sholat pun terasa lebih nikmat," katanya.

Ustadz Teguh menyarankan, agar dapat mentadaburi surat Al-fatihah yang sering kita baca setiap harinya, maka perlu memahami tafsirnya terlebih dahulu. Dalam hal ini kata Ustadz Teguh, dia mengambil tafsirnya dari beberapa kitab tafsir seperti tafsir jalalain, tafsir Ibnu Katsir, dan lain-lain.

Kata Ustadz Teguh, dia memilih dan memendekkan atau meringkas tafsirnya kemudian menulis kalimat-kalimat tadabur yang sesuai dengan tafsirnya dan lebih mudah untuk ditadaburi, setelah itu dia mengaitkan tadabur ayat dengan tadabur ayat sebelumnya.

"Sehingga mudah-mudahan lebih mudah untuk ditadaburi dan lebih tersentuh ke hati, khususnya bagi para pemula,” katanya. Dengan catatan sangat memungkinkan bagi tiap orang punya cara tadabur yang berbeda walaupun pemahaman tafsirnya sama.




Berita Lainnya

Makna Sejati Tawakal kepada Allah SWT

18/05/2022 11:23 - Rahman Hasibuan

Harus Tahu ! Ini Keutamaan Menahan Amarah

17/05/2022 13:30 - Baharuddin Kamal

Apakah Boleh Puasa Syawal pada Hari Jumat?

13/05/2022 23:39 - Rahman Hasibuan

Harus Tahu ! Ini Aturan Shaf untuk Sholat Jenazah

10/05/2022 14:30 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA