Wednesday, 18 May 2022
Temukan Kami di :
Teknologi

Ngeri! Indonesia Ternyata Punya 6 Gunung Berapi Bawah Laut

Lukman Salasi - 17/01/2022 17:48

BeritaCenter.COM – Baru-baru ini terjadi tsunami di Tonga akibat meletusnya gunung berapi bawah laut. Ternyata, Indonesia juga memiliki banyak gunung berapi bawah laut. Jumlahnya ada 6 gunung.

Hal ini disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). 6 Gunung berapi bawah laut itu saat ini tengah dipantau aktivitasnya. 

Daftar gunung api di Indonesia yaitu: Sangir dan Banua Wuhu yang terletak di Perairan Sangir, gunung Emperor of China dan Nieuwekerk di perairan Maluku dan gunung Yersey dan Hobal di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dua dari enam gunung berapi di Indonesia itu pernah meletus seperti di Tonga.

"Dari sejarah yang mengakibatkan tsunami (adalah) gunung Hobal dan Banua," kata Kepala PVMBG Andiani dikutip BeritaCenter, Senin (17/1/2022).

Andiani menyebut bahwa dua dari enam gunung api tersebut pernah menyebabkan gelombang tsunami di Indonesia saat terjadi letusan.

Namun demikian, kata Andiani, aktivitas gunung api tersebut tak memiliki dampak besar terhadap terjadinya tsunami di Tanah Air. Menurut dia, letak kawah gunung api itu di bawah permukaan laut yang sangat dalam.

"Letak kawahnya lebih dari 500 meter dari permukaan laut (termasuk dalam), maka berdasarkan catatan atau bukti sejarah menunjukkan dampak yang kecil untuk terjadi tsunami," ucapnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA