Wednesday, 18 May 2022
Temukan Kami di :
Opini

Sudahkah Anda Bersyukur saat Ini...?

Baharuddin Kamal - 13/01/2022 23:00

Beritacenter.COM - Sabda Rasulullah shallahu’alaihi wassallam: “Lihatlah orang yang lebih rendah dari kalian (dalam kenikmatan duniawi), dan janganlah melihat orang yang lebih tinggi dari kalian, karena hal itu lebih dapat membuat kalian tidak meremehkan nikmat Allah atas kalian (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu). Banyak orang yang terkesima dengan kenikmatan duniawi, banyak orang yang merasa belum cukup dengan harta yang dimiliki. Terkadang dia menginginkan handphone dan berdo’a, setelah mendapatkan handphone dia menginginkan motor, dan seterusnya itulah watak manusia.

Sikap kita sebagai seorang muslim yang benar, hendaklah melihat orang yang di bawah dalam masalah dunia. Kita harus sering melihat orang-orang yang di pinggiran jalan, terkadang untuk makan saja mereka harus mengais sampah. Dengan bersikap begitu sesuai dengan hadist Nabi diatas maka kita akan selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Suatu saat Nabi shallahu’alaihi wa sallam pernah menyampaikan nasehat kepada Abu Dzar. Abu Dzar berkata: “Kekasihku yakni Nabi shallahu’alaihi wa sallam memerintah tujuh perkara kepadaku, (diantaranya): (1) Beliau memerintahkanku agar mencintai orang miskin dan dekat dengan mereka, (2) Beliau memerintahkan agar melihat orang yang berada di bawahku (dalam masalah harta dan dunia), juga supaya aku tidak memperhatikan orang yang berada di atasku” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadist ini shahih).

Dari kedua hadist di atas mengajarkan agar kita tidak memandang remeh nikmat Allah, nikmat Allah begitu banyak salah satunya adalah oksigen untuk bernafas. Coba kita renungkan oksigen yang diberikan Allah dengan gratis, bayangkan saat kita sakit dan membutuhkan bantuan oksigen untuk bernafas yang harganya begitu mahal. Nikmat Allah begitu banyak sampai kita tak dapat menghitungnya, contoh yang lain kita diberikan anggota badan lengkap dan kesehatan untuk menjalankan hidup ini harusnya kita lebih bersyukur kepada Allah.

Al Munawi-rahimahullah mengatakan, “Jika seseorang melihat orang yang di atasnya (dalam masalah harta dan dunia), dia akan menganggap kecil nikmat Allah yang ada pada dirinya dan dia selalu ingin mendapatkan yang lebih. Cara mengobati penyakit semacam ini, hendaklah seseorang melihat orang yang berada di bawahnya (dalam masalah harta dan dunia), jika seseorang melaksanakan hal tersebut, maka rasa ridho dan syukur serta rasa iri (dengki) saat orang lain mendapat nikmat yang lebih dari dirinya akan hilang. Sebaliknya, saat orang sering melihat orang yang berada di atasnya dalam masalah harta dan dunia, maka rasa tidak puas dan kurang terhadap nikmat Allah akan selalu ada dalam dirinya.

Selain itu, setan akan terus membisikkan terhadap manusia agar memalingkan dari rasa syukur terhadap nikmat Allah. Oleh karena itu, marilah sahabatku selalu berdo’a dan meminta pertolongan kepada Allah agar kita selalu diberikan rasa syukur dihati terhadap nikmat yang diberikan. Dalam firman Allah juga sudah jelas, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (Q.S. Ibrahim: 7).



Berita Lainnya

Soekarno dan Islam

18/05/2022 15:50 - Indah Pratiwi

Kenapa Setan Tidak Suka Jokowi?

13/05/2022 19:30 - Indah Pratiwi

Menjaga NKRI

12/05/2022 14:05 - Indah Pratiwi

Indonesia Jangan Sampai Hilang Jati Diri Bangsa

12/05/2022 13:06 - Indah Pratiwi

Hakikat Kebaikan

11/05/2022 20:05 - Indah Pratiwi

Say No To Khilafah

11/05/2022 15:35 - Indah Pratiwi

Wabah Doktrin Eks HTI

11/05/2022 13:05 - Indah Pratiwi

Politisasi Agama

10/05/2022 13:05 - Indah Pratiwi

Masih Saja Antara Cebong Kampret

09/05/2022 13:07 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA