Wednesday, 18 May 2022
Temukan Kami di :
Opini

Social Toxic

Indah Pratiwi - 13/01/2022 14:30 Oleh : Irwansyah Saputra

Kemarin gw dah bikin tulisan kalo dunia sosial ini penanganannya beda bgt sama eksak. Di dunia sosial, kita ga bisa mencerminkan keadaan diri kita pada orang lain walaupun kasusnya hampir sama. Misalnya, ada orang yg punya ortu toxic, lalu ia mengeluh. Kemudian ada yg komen “jgn gitu, sejahat2nya ortu tetep ortu kita”. Padahal yg komen ini ga tau setoxic apa ortunya. Gimana klo gw kasih kasus kek gini “ortunya menc*buli anaknya sendiri”. Apakah tetep berlaku komentar tadi?


Nah.. makanya di dunia sosial itu kita ga boleh mengkomparasi kasus kita kepada orang lain walau seakan sama. Istilahnya adu nasib lah. Dalam kasus lain pun sama. Misal di grup skripsi ada yg ngeluh dospemnya ga bener, ya bisa aja memang dospemn yg ga bener. Ghosting, kerjaannya cuma nyalahin tp ga bimbing, janjian tp ingkar terus. Ini bukan melatih mental, emang kepribadian dospemnya yang buruk.

Orang yg ngeluh kek gini ga butuh komen “buset gitu doang kena mental. Dulu gw kuliah nyelametin multiverse dek”Lu kan ga tau setoxic apa dospemnya, sekacau apa manajemen kampusnya, seaneh apa syarat yg diminta. Lu juga tau klo orang tsb ga sekampus sama lu, beda dospemnya dan beda manajemennya. Trus kenapa semangat bgt komentarin orang lain yg udah jelas beda keadaannya sama lu?

Gw kira hal ky gini udh mulai ga ada, ternyata masih diwariskan aja. Untuk sekelas hal negatif pun masih suka kompetitif. Senioritas dan mental balas dendam itu hanya akan menyisakan trauma, kebencian, dan ketakutan. Ga ada lagi.

Sumber : Status Facebook Irwansyah Saputra




Berita Lainnya

Soekarno dan Islam

18/05/2022 15:50 - Indah Pratiwi

Kenapa Setan Tidak Suka Jokowi?

13/05/2022 19:30 - Indah Pratiwi

Menjaga NKRI

12/05/2022 14:05 - Indah Pratiwi

Indonesia Jangan Sampai Hilang Jati Diri Bangsa

12/05/2022 13:06 - Indah Pratiwi

Hakikat Kebaikan

11/05/2022 20:05 - Indah Pratiwi

Say No To Khilafah

11/05/2022 15:35 - Indah Pratiwi

Wabah Doktrin Eks HTI

11/05/2022 13:05 - Indah Pratiwi

Politisasi Agama

10/05/2022 13:05 - Indah Pratiwi

Masih Saja Antara Cebong Kampret

09/05/2022 13:07 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA