Friday, 21 Jan 2022
Temukan Kami di :
Nasional

Ini Penjelasan Polri Terkait Perizinan Reuni 212...

Baharuddin Kamal - 29/11/2021 20:30 Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono

Beritacenter.COM - Polri mengaku tak bisa sembarangan dalam memberikan izin untuk acara Reuni 212. Pihak kepolisian saat ini tengah meminta rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 karena situasi saat ini masih dilanda pandemi.

"Apabila kita bicara tentang perizinan tentunya itu semua tidak serta-merta tugas dari Polri. Sebelum mengeluarkan suatu izin keramaian, Polri harus meminta rekomendasi dari berbagai pihak," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, Senin (29/11/2021).

"Situasi pandemi seperti ini, tentunya Polri juga meminta rekomendasi dari Satgas Covid-19. Tentunya kalau izin-izin, rekomendasi ini telah dikeluarkan oleh instansi terkait, Polri akan mempertimbangkan pemberian izin kegiatan," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rusdi turut menghimbau kepada masyarakat agar bijak dalam melakukan sesuatu di masa pandemi ini. Dia meminta agar sebisa mungkin masyarakat tidak melakukan kegiatan yang sifatnya berkerumun supaya tidak menimbulkan klaster baru Covid-19.

"Polri mengimbau tentunya kepda seluruh lapisan masyarakat agar bijak melihat situasi seperti ini. Kegiatan-kegiatan yang banyak mengumpulkan orang, yang cenderung akan menjadi kluster baru, lebih baik dihindari dengan situasi pandemi," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Polda Metro Jaya belum mengeluarkan izin keramaian terkait Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) rencana aksi Reuni 212. Aksi tersebut direncanakan berlangsung pada 2 Desember 2021.

"Untuk kegiatan 212 hingga saat ini polda belum mengeluarkan izin," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol E Zulpan, Senin (29/11/2021).

Sementara itu, Reuni 212 tidak jadi dilaksanakan di Patung Kuda Monumen Nasional Jakarta Pusat. Panitia memindahkan lokasi aksi ke Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Acara Reuni 212 adalah milik umat Islam, bahkan milik bangsa Indonesia, sehingga kami betul-betul sangat perhatikan aspirasi umat dan masukan dari para ulama dan tokoh serta pihak terkait dalam setiap Acara Reuni 212," ujar Ketua Panitia Reuni 212, Eka Jaya.




Berita Lainnya

Kena OTT, Hakim PN Surabaya Diamankan KPK !

20/01/2022 09:04 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA