Thursday, 06 Oct 2022
Temukan Kami di :
Opini

Ini Segudang Manfaat yang Didapat saat Menjalankan Puasa Sunnah

Baharuddin Kamal - 19/11/2021 22:00

Beritacenter.COM - Berpuasa sunnah yang dilakukan di luar bulan suci Ramadhan, tidak hanya akan menambah pahala dan ketakwaan kepada Allah SWT. Namun dengan kita melaksanakan ibadah puasa sunnah Senin-Kamis, dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental dan juga membentuk kepribadian menjadi lebih baik lagi.

Segudang manfaat saat melaksanakan ibadah puasa sunnah antara lain :

1. Tubuh Menjadi Lebih Sehat
Dengan melatih diri berpuasa, akan menjadikan tubuh menjadi sehat. Menjadikan sistem pencernaan akan menjadi lancar dan sehat. Selain itu, berpuasa dapat melatih kecerdasan emosional sehingga kita dapat mengontrol diri sehingga tidak mudah depresi atau stres.

2. Menjadikan Jiwa Kuat
Selama berpuasa, kamu dituntut untuk melawan hawa nafsu dan lebih bisa bersikap sabar dalam menghadapi setiap cobaan yang hadir. Kamu juga akan merasa tenang selama berpuasa karena amalan ini juga meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

3. Menahan Diri dalam Keburukan
Selanjutnya, manfaat puasa Senin-Kamis juga dapat melatihmu untuk mengurangi kebiasaan buruk yang biasanya kamu lakukan. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula atau makanan-makanan manis. Sehingga jika kamu berpuasa, konsumsi makanan atau minuman tersebut menjadi berkurang.

4. Menjadi Lebih Disiplin
Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah dapat melatih seseorang untuk selalu disiplin dalam segala hal. Hal ini, secara tak langsung kamu merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang kamu lakukan, sehingga kamu akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal yang dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasa.

Selain itu, dengan berpuasa kamu akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang pastinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

5. Latihan Melawan Hawa Nafsu
Dengan berpuasa, akan meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia untuk berbuat maksiat atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT. Dengan begitu, kita bisa meredam hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak dibolehkan oleh Allah SWT.




Berita Lainnya

Mengapa Perlu Toleransi dalam Beragama?

04/10/2022 11:28 - Indah Pratiwi

Ironi Sepakbola Indonesia

03/10/2022 10:03 - Indah Pratiwi

Tidak Akan Pernah Lahir Lagi Seorang Jokowi

29/09/2022 20:50 - Indah Pratiwi

Makan Nasi Goreng, Setelah Letih Turun Gunung

23/09/2022 12:49 - Indah Pratiwi

Jokowi dan Partai

22/09/2022 08:35 - Indah Pratiwi

Pancasila Itu Ngajarin Banyak Hal…

19/09/2022 08:40 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA