Tuesday, 18 Jan 2022
Temukan Kami di :
News

Kasus Mafia Tanah Rp17 M Nirina Zubir, ART Dalang Perampasan Tanah Ditahan!

Aisyah Isyana - 17/11/2021 18:20 Nirina Zubir

Beritacenter.COM - Asisten rumah tangga (ART) ibunda Nirina Zubir, Riri Khasmita, ditetapkan sebagai tersangka kasus mafia tanah. Riri yang merupakan ART artis ibunda Nirina Zubir, disebut telah menggarong tanah senilai Rp17 miliar.

"ART sudah ditahan. Itu tiga orang kita tahan dan dua orang lagi akan kita lakukan pemanggilan," kata Kasubdit Harda AKBP Petrus Silalahi saat dihubungi, Rabu (17/11/2021).

Petrus menyebut ketiga tersangka yang sudah ditahan pihaknya, yakni Riri dan suaminya, serta seorang notoris. Sementara dua tersangka lain yang belum ditahan juga berprofesi sebagai notoris.

Dalam kasus ini, Petrus menyebut Riri sebagai dalam dari mafia tanah yang merampas aset keluarga Nirina Zubir. "Iya, kita menggambarkannya seperti itu, (dalang) karena barang itu ada dalam penguasaannya," jelasnya.

Kedepannya, Petrus menyebut pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil dua orang notaris lainnya, untuk dimintai keterangan oleh penyidik. "Dua lagi itu sebagai notaris jabatannya. Kedua-duanya yang melakukan proses jual-beli," jelasnya.

"Tentu sudah kita jadwalkan (pemeriksaan) kemarin seharusnya bersama-sama, namun saat itu mereka ajukan pengunduran pemanggilan dan kemudian kita jadwalkan kembali," imbuh Petrus.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kelima tersangka itu akan dijerat dengan pasal berlapis, yakni Pasal 378, 372, dan 263 KUHP tentang penipuan, penggelapan, dan pemalsuan dokumen.

Riri Kharsmita, diketahui sebelumnya telah bekerja dalam waktu yang lama dengan keluarga Nirina. Dalam menjalankan aksinya, Riri dibantu tiga orang notaris lain untuk mengubah kepemilikan atas properti yang berlokasi di Jakarta Barat.

Nirina Zubir, turut menjelaskan kronologi awal kasus mafia tanah yang menimpa keluarga, khususnya almarhuma ibunya.

"Awalnya ibu saya merasa suratnya hilang, jadi minta tolong kepada asisten rumah tangga sejak 2009 untuk diurus suratnya. Namun, alih-alih diurus, surat tersebut disalahkangunakan dengan mengubah nama kepemilikan," ungkap Nirina Zubir ketika melakukan konferensi pers di Hotel Goodrich pada Rabu (17/11).

Namun belakangan, Nirina Zubir mengetahui sertifikat tanah milik ibu-nya telah digelapkan oleh ART ibunya. Bahkan, ART itu juga menjual beberapa tanah yang digelapkannya.




Berita Lainnya

Oknum PNS Joget Miras Terancam Diberhentikan

17/01/2022 13:58 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA