Tuesday, 30 Nov 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Simak ! Ini Tiga Cara Cek Data Hasil PCR-Antigen Tercatat di PeduliLindungi

Baharuddin Kamal - 22/10/2021 22:00 PeduliLindungi.

Beritacenter.COM - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengembangkan dan memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Tak hanya digunakan untuk check in di tempat umum, aplikasi PeduliLindungi juga memuat informasi Paspor Digital untuk para pelaku perjalanan.

Dalam fitur Paspor Digital, tertera informasi mengenai sertifikat vaksin seseorang, serta data yang menunjukkan hasil PCR maupun antigen bagi para pelaku perjalanan. Nantinya, hal ini menjadi syarat yang harus dipenuhi agar perjalanan antarkota maupun antarpulau bisa dilakukan, sesuai dengan aturan yang berlaku dari pemerintah.

"Tujuan terintegrasinya hasil tersebut di aplikasi PeduliLindungi karena untuk menjamin keaslian dan menghindari pemalsuan surat hasil laboratorium," dikutip dari situs Indonesiabaik.id, Jumat (22/10/2021).

Meski begitu, tidak semua hasil tes PCR maupun antigen yang Anda lakukan di laboratorium bisa keluar pada aplikasi PeduliLindungi. Untuk memastikan data tersebut tertera di fitur Paspor Digital PeduliLindungi Anda dan membuat perjalanan Anda lancar, pastikan beberapa hal berikut ini.

-Pemeriksaan dilakukan di laboratorium yang sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan (Dinkes) masing-masing wilayah
-Petugas di laboratorium harus menginput hasil laboratorium pada aplikasi NAR (New All Record) Kementerian Kesehatan
-Apabila sudah melakukan cek di laboratorium terdaftar namun hasil swab antigen maupun PCR masih belum muncul, bisa dicek di website PeduliLindungi (PeduliLindungi.id) dengan memasukkan nama dan NIK.

Itu dia 3 cara yang bisa dilakukan untuk memastikan data hasil PCR/Antigen Anda tertera di aplikasi PeduliLindungi. Demi keamanan dan kenyamanan, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat bepergian di tengah pandemi.




Berita Lainnya

Ini Penjelasan Polri Terkait Perizinan Reuni 212...

29/11/2021 20:30 - Baharuddin Kamal

Pandemi Belum Berakhir

29/11/2021 17:30 - Indah Pratiwi

Gawat! Mahasiswa di Medan Aksi Dukung Khilafah

26/11/2021 14:24 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA