Tuesday, 30 Nov 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

Tak Disangka ! Ini 5 Manfaat Dahsyat Kapur Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Baharuddin Kamal - 22/10/2021 00:31 Kapur sirih.

Beritacenter.COM - Kapur sirih merupakan endapan yang dihasilkan oleh proses merendam batu. Pada umumnya, sama seperti jenis kapur lainnya bahan ini juga berasal dari bebatuan jenis gamping yang diperoleh dari gunung kapur.

Manfaat kapur sirih ini cukup beragam, mulai dari campuran pinang dan daun sirih hingga mampu menghilangkan kutil dan kanker pada kulit.

Meski demikian, jenis kapur sirih tidak sama dengan kapur yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan. Bahan ini merupakan jenis yang aman untuk di konsumsi.

Kapur sirih ternyata sudah dikenal dari dulu untuk pengolahan limbah, produksi kertas dan kontruksi bangunan serta pembuatan makanan. Tidak hanya itu, kapur sirih juga memiliki kegunaan medis sebagai bahan untuk perawatan gigi.

Lalu apa saja manfaat kapur sirih yang perlu anda tahu? berikut beberapa manfaat kapur sirih yang sudah Beritacenter.COM rangkum dari berbagai sumber.

1. Untuk Meluruskan Rambut
Manfaat kapur sirih yang pertama adalah untuk meluruskan rambut. Kapur sirih mengandung kalsium hidroksida yang merupakan salah satu bahan alkali aktif yang digunakan dalam beberapa produk krim pelurus rambut.

Meski demikian, tidak semua orang cocok dengan produk yang mengandung kalsium hidroksida. Beberapa produk bahkan memproduksi dua versi krim pelurus rambut yang mengandung kalsium hidroksida dan yang tidak mengandung kalsium hidroksida.

Penggunaan kapur sirih yang mengandung kalsium hidroksida untuk perawatan rambut yang alami juga tidak dapat dipastikan khasiatnya karena terdapat risiko kerusakan rambut dan reaksi alergi pada kulit kepala.

2. Memperbaiki Saluran Akar Gigi
Manfaat kapur sirih yang kedua adalah memperbaiki saluran akar gigi. Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health, kapur sirih digunakan untuk perawatan gigi sebagai agen antimikroba untuk melindungi gigi dari infeksi tertentu, melindungi pulpa gigi serta membunuh bakteri pada gigi.

Kalsiun hidroksida yang terkandung pada kapur sirih juga berguna untuk mencegah pembengkakkan dan mengurangi rasa sakit sebelum operasi edodontik, yaitu penyakit di bagian dalam gigi.

Sementara itu, untuk perawatan gigi harian dengan menggunakan kapur sirih sangat tidak dianjurkan meskipun sama-sama mengandung kalsium hidroksida.

3. Membunuh Kuman Pada Mulut
Manfaat kapur sirih yang ketiga adalah membunuh kuman pada mulut. Dilihat dari segi medis, nyirih ternyata memiliki manfaat. Sebuah studi yang mengungkapkan bahwa kapur sirih memang bersifat antimikrobal yang dapat menghancurkan bakteri penyebab kerusakan membran serta DNA gigi.

Kapur sirih juga sering digunakan sebagai pengisi saluran akar untuk membunuh bakteri yang bersarang setelah gigi anda dirawat oleh dokter gigi.

4. Dapat Mengatasi Bau Badan
Manfaat kapur sirih yang keempat adalah menghilangkan bau badan. Ada beberapa orang yang percaya bahwa kapur sirih dapat digunakan pada ketiak. Gunanya adalah untuk menghilangkan bau badan secara alami dengan menambahkan perasan jeruk nipis.

5. Mengobati Luka Bakar pada Kulit
Manfaat kapur sirih yang kelima adalah mampu mengobati luka bakar pada kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, Ana tinggal mencampurkan sejumput air kapur sirih dengan bubuk kunyit dan air kelapa. Takarannya semua seimbang agar terbentuk pasta yang dapat di oles ke bagian luka.

Meski demikian, belum ada penelitian yang memadai untuk uji klinis kandungan kapur sirih untuk mengobati luka bakar pada kulit. Selain itu, campuran larutan kalsium hidroksida langsung ke kulit dalam jumlah berlebihanakan berbahaya dan menimbulkan efek samping pada kulit.




Berita Lainnya

Ini Segudang Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Tubuh

30/11/2021 01:00 - Baharuddin Kamal

5 Manfaat Akar Teratai Bagi Kesehatan

29/11/2021 10:55 - Rachman Riv
Kemukakan Pendapat


BOLA