Tuesday, 30 Nov 2021
Temukan Kami di :
Olahraga

Ini 4 Teknik Pukulan Tinju yang Wajib Diketahui Pemula

Baharuddin Kamal - 13/10/2021 07:30 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Tinju merupakan salah satu jenis olahraga tarung atau combat sports yang sangat populer di dunia.

Dunia mengenal petinju-petinju hebat mulai dari Muhammad Ali, Mike Tyson, Floyd Mayweather Jr, Manny Pacquiao, hingga juara dunia tinju masa kini macam Tyson Fury dan Saul "Canelo" Alvarez.

Secara harfiah, tinju adalah olahraga bela diri yang menampilkan dua orang dengan berat sama bertanding yaitu saling melepaskan pukulan di tempat bernama ring dalam waktu yang sudah ditentukan.

Pembagian waktu dalam sebuah pertandingan tinju disebut ronde. Dalam satu ronde terdiri dari 3 (tiga) menit pertandingan plus 1 (satu) menit istirahat untuk tinju profesional.

Sementara untuk tinju amatir, durasi satu ronde adalah tiga menit plus satu menit istirahat atau dua menit plus 30 detik waktu istirahat. Jumlah ronde dalam tinju profesional adalah 4-10 ronde untuk tingkat pemula hingga mahir dan 12 ronde untuk tingkat kejuaraan dunia maupun nasional.

Berikut ini tim Beritacenter.COM menyajikan 4 teknik tinju yang wajib diketahui oleh pemula agar tidak mudah cedera. Selain itu, teknik dasar ini juga sangat berguna karena pukulan akan lebih bertenaga.

Melakukan olahraga tinju mungkin terlihat menakutkan karena melibatkan dua orang yang melakukan pertarungan di atas ring. Namun, tak selamanya tinju berbahaya. Tinju bisa dilakukan untuk sekadar olahraga menyehatkan atau mempersenjatai diri untuk membela diri.

Untuk itu, diperlukan gerakan dasar yang benar untuk bertinju. Dalam artikel ini akan membahas gerakan dasar pukulan tinju. Ada Ada empat pukulan utama dalam tinju, yakni Jab, Cross, Hook dan Uppercut.

1. Jab
Jab adalah pukulan lurus cepat dan pendek yang menargetkan bagian wajah lawan. Untuk melakukan pukulan jab, letakkan tangan di samping hidung dengan kepalan tertutup.

Pukulan jab biasanya digunakan untuk mengawali serangan dan menjaga jarak dengan lawan. Selain itu, pukulan jab bisa dilakukan dengan kombinasi dengan pukulan jenis lain.

2. Cross
Pukulan ini hampir mirip dengan jab. Hanya saja pukulan cross memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan dengan jab.

Alasan pukulan cross memiliki kekuatan lebih dibanding jab karena ada perbedaan teknik saat melakukannya. Cross menggerakkan kekuatan bahu dan kaki depan sebagai penopangnya.

Seperti jab, pukulan cross juga mengarah pada bagian wajah. Sebagai tips, angkat sedikit tumit kaki bagian belakang untuk menopang tubuh dan membuat pukulan lebih bertenaga.

3. Hook
Hook adalah jenis pukulan menyamping yang menggunakan tenaga siku dan bahu saat melakukannya.

Jenis pukulan hook sangat mematikan ketika melakukan pertandingan tinju. Pukulan jenis ini sering membuat jatuh lawan karena mengincar wajah samping atau rahang lawan dengan sangat kuat.

Untuk melakukannya, siku ditekuk hingga 90 derajat, pukul dengan tangan kanan dan angkat lengan bawah sepenuhnya di depan Anda. Ingat, kaki, dan pinggul harus bergerak sebagai satu kesatuan.

4. Uppercut
Jenis pukulan ini juga sama berbayanya dengan hook. Namun, uppercut mengincar wajah bagian bawah atau membuat lawan kehilangan keseimbangan. Uppercut juga bisa digunakan untuk mengincar ulu hati atau perut lawan.

Untuk melakukannya, tekuk sedikit lutut, lalu lancarkan tangan terkuat dari bawah. Jaga tangan teremah tetap dekat dagu atau hidung.




Berita Lainnya

Marc Marquez Kecelakaan dan Gegar Otak

03/11/2021 12:34 - Lukman Salasi

Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021

25/10/2021 11:54 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA