Friday, 28 Jan 2022
Temukan Kami di :
Teknologi

Misi ke Bulan, China Bawa 1,7 Kg Batu Vulkanik Berusia Nyaris 2 Miliar Tahun

Aisyah Isyana - 12/10/2021 23:32

Beritacenter.COM - China, dalam misi Chang'e mereka ke Bulan, berhasil memboyong batu dari Bulan ke Bumi. Keberadaan batuan itu menunjukkan bukti jika lava mengalir di permukaan Bulan sekitar 1,97 miliar tahun yang lalu.

Saat ini, tim peneliti dari China, Australia, Swedia, dan Amerika Serikat (AS), disebut tengah mempelajari sample yang dikumpulkan oleh Badan Antariksa Nasional China, seperti dikutip The Conversation, Selasa (12/10/2021).

Sekedar diketahui, Chang'e-5 merupakan misi tanpa awak China yang mendarat di sisi terdekat Bulan, yakni sisi yang menghadap Bumi, pada Desember 2020. Dari misi itu, didapat 1,7 kg batuan Bulan yang kemudian dibawa ke Bumi. Batuan itu menjadi sample pertama yang kembali diambil dari Bulan, sejak 1976 saat misi Luna 24 Uni Soviet.

Misi Chang'e-5 ini bertujuan untuk mencari bukti dari beberapa letusan gunung berapi termuda di Bulan. Sebelumnya, para ilmuwan juga telah memprediksi batuan vulkani pada usia in di Bulang, dengan mempelajari jumlah kawah tumbukan di permukaan Bulan. Hanya saja, tak mungkin mengkonfirmasi hal itu tanpa memeriksa langsung sampelnya.

Adapun analisisi terhadap sampel yang didapat dilakukan dengan menggunakan instrumen sensitive hing-resolution ion microprobe (SHRIMP), di SHRIMP Center di Beijing, China.

Tahap pertama, para peneliti mensortir materi dan secara manual memilih beberapa fragmen kecil basal (batu vulkanik) berukuran sekitar 2 milimeter untuk diteliti. Selanjutnya, dilakukan analisis laboratorium, kemudian membangun teknik seperti yang dikembangkan pada 1970 untuk analisis sampel Apollo pertama.

Meski proses penentuan usia batuan tergolong rumit, intinya para peneliti menggunakan berkas partikel bermuatan yang terfokus untuk mengeluarkan material dari berbagai fase mineral dalam batuan dan menganilisis material yang dikeluarkan.

Dari situ, didapat hasil yang menentukan usia letusan untuk lava ini sekitar 1,97 miliar tahun. Adapun angka itu disebut lebih muda satu miliar tahun ketimbang lava basaltik sebelumnya dari Bulan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA