Tuesday, 18 Jan 2022
Temukan Kami di :
Politik

DPR Harap Dukungan Politik Jokowi untuk Uji Klinis Vaksin Nusantara Tahap III

Baharuddin Kamal - 06/10/2021 19:50 Presiden Joko Widodo.

Beritacenter.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena berharap mendapat dukungan politik dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin terkait pengembangan vaksin Nusantara.

Dia mengatakan, dukungan dari Presiden Jokowi bisa memudahkan pelaksanaan uji klinis tahap III Vaksin Nusantara. Hal tersebut dikatakan Melki dalam sebuah diskusi virtual pada Rabu (6/10/2021).

"Mudah-mudahan setelah situasi kondusif, Pak Presiden, Wapres dan para menteri, Kepala BPOM dan pihak terkait juga bisa mendorong dan memperkuat secara politik, sehingga bisa diteruskan proses uji klinis tahap III," ujarnya.

Dia menyebutkan, uji klinis Vaksin Nusantara hingga kini masih mandek di tahap II. Sampai sejauh ini, baru DPR yang menyatakan dukungan agar pengembangan Vaksin Nusantara itu dilanjutkan. Menurut Melki, pimpinan DPR juga terus berkomunikasi dengan pemerintah mengenai hal ini.

"Komisi IX kurang lebih sudah bahas tiga kali walaupun dengan berbagai catatan dari Kemenkes dan BPOM, tapi terus bergerak maju, juga dari komisi VII membicarakan dari aspek riset dan teknologinya," jelas Melki.

"Kami terus menunggu bagaimana uji klinis tahap III ini berjalan. Komunikasi pimpinan DPR RI dengan pihak pemerintah dan Presiden, Wapres, menteri-menteri terkait termasuk BPOM terus kami lakukan," kata dia menambahkan.

Vaksin Nusantara diketahui menjadi polemik usai tim peneliti melakukan proses pengambilan sampel darah ke sejumlah pihak termasuk anggota DPR, meski BPOM saat itu belum memberi izin uji klinis fase II.




Berita Lainnya

Anies Versus Ganjar Diantara Prabowo Puan

17/01/2022 21:20 - Indah Pratiwi

Momen saling Hormat Prabowo Dan SBY

14/01/2022 14:14 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA