Tuesday, 18 Jan 2022
Temukan Kami di :
Nasional

Pimpin Upacara HUT ke-76 TNI, Jokowi Bicara Perang Lawan COVID yang Berlarut-larut

Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus COVID-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran mental dan semangat juang, perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi

Aisyah Isyana - 05/10/2021 11:22

Beritacenter.COM - Pada peringatan HUT ke-76 TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara terkaita penanganan COVID-19 di Indonesia. Jokowi menyuebut upaya penanganan pandemi COVID-19 di tanah air bak perang yang berlarut-larut dan menguras tenaga serta pikiran.

"Sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi COVID-19. Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus COVID-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran mental dan semangat juang, perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Jokowi saat memimpin upacara HUT TNI di Istana Merdeka, seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10/2021).

Jokowi menyebut TNI telah menunjukkan profesioanalisme mereka dalam setiap penugasan, termasuk dalam upaya penanganan COVID-19. Jokowi menilai, keberhasilan penanganan COVID-19 di Indonesia juga tak lepas dari peran besar TNI.

"TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan," ujar Jokowi.

Kedepannya, Jokowi meminta agar TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan yang memegan peran penting dalam pengamanan di lingkungan strategis. Jokowi juga menyinggung soal penguatan budaya prajurit TNI.

"Penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi fondasi utama transformasi pertahanan, yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat, dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif, dengan pertahanan berlapis dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi pertahanan yang terencana," ujar Jokowi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA