Friday, 28 Jan 2022
Temukan Kami di :
Nasional

HOREEE...! Novel Baswedan Secara Resmi Di Pecat Dari KPK

Indah Pratiwi - 16/09/2021 16:53

Beritacenter.com - Rasanya lucu bin aneh ketika Novel Baswedan beserta 57 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos TWK, justru menyurati Presiden Joko Widodo untuk diangkat menjadi ASN. Alasan mereka, permintaan pengangkatan menjadi ASN, didasari atas rekomendasi Ombudsman dan Komnas HAM.


Kenapa harus menggunakan surat rekomendasi Ombudsman dan Komnas HAM? Katanya, Ombudsman telah menemukan mal-administrasi dalam penyusunan kebijakan dan pelaksanaan TWK. Adapun tindakan korektif Ombudsman terhadap KPK, yakni meminta 75 pegawai tak lolos TWK dialihkan statusnya menjadi ASN sebelum 30 Oktober 2021.

Akhirnya nasib Novel CS setelah menyurati Jokowi minta menjadi ASN langsung di jawab melalui Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan bakal memberhentikan secara resmi alias memecat 57 pegawai yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 30 September 2021. Satu dari 57 pegawai tersebut yakni, Penyidik Senior nonaktif KPK, Novel Baswedan .

Baca Juga : Novel Baswedan Dipecat Dari KPK, Fahri Hamzah : Saya Juga Pernah Dipecat... Jangan putus asa kawan!

Adapun, 57 pegawai yang bakal dipecat tersebut di antaranya, enam orang yang tidak memenuhi syarat dan menolak untuk mengikuti pendidikan serta pelatihan (Diklat) bela negara. Serta, 51 pegawai nonaktif KPK yang memang tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti diklat bela negara sebagai syarat menjadi ASN.

"Terhadap enam orang pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dan diberi kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan, namun tidak mengikutinya, maka tidak bisa diangkat menjadi aparatur sipil negara dan akan diberhentikan dengan hormat per tanggal 30 september 2021," ujar Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (15/9/2021).

"Memberhentikan dengan hormat kepada 51 orang pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat per tanggal 30 September 2021," imbuhnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA