Monday, 27 Sep 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Mulai Tahun Depan, Indonesia Akan Terapkan Sistem Bayar Tol Tanpa Henti

Lukman Salasi - 15/09/2021 15:41

BeritaCenter.COM - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit mengatakan bahwa Indonesia akan menerapkan sistem bayar tol tanpa berhenti (nirsentuh) mulai tahun depan.

Danang Parikesit menyebut beberapa ruas tol di Indonesia sekarang ini menggunakan sistem terbuka atau average trip length.

Berbeda dengan sistem average trip length, sistem bayar tol tanpa henti yang menggunakan Multi Lane Free Flow (MLFF) berbasis GNSS (Global Navigation Satelite System) akan memiliki tarif yang lebih adil.

"Memang ke depan kalau kita bicara sudah menggunakan teknologi ini, pasti pengukurannya lebih akurat karena entry dan exit. Dan itu memang pentarifan akan lebih berkeadilan. Jadi, betul-betul masyarakat itu akan membayar actual distance travel (jarak perjalanan sebenarnya)," kata Danang, dalam diskusi publik yang diselenggarakan Instran dan YLKI secara offline dan online, Rabu (8/9/2021).

Sebagai informasi, sistem operasi bayar tol tanpa henti (MLFF) menggunakan tiga cara agar kendaraan dapat mengakses jalan tol. Antara lain Electronic On Board Unit (E-OBU), On Board Unit (OBU), dan Electronic Route Ticket.

Sistem MLFF ini akan menghemat waktu antara 30 detik-5 menit yang biasanya digunakan untuk bertransaksi di gerbang tol.

Lebih dari itu, sistem bayar tol tanpa berhenti ini juga akan mengurangi polusi dan emisi karbon, mendukung digitalisasi pembayaran, hingga efisiensi dalam biaya operasional tol, dengan jaminan penerimaan 100% pendapatan tol.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA