Monday, 20 Sep 2021
Temukan Kami di :
Internasional

Keren! Raja Huristak XII Pamerkan Lukisan Kontemporer Majapahit di Italia

Aisyah Isyana - 13/09/2021 19:52

Beritacenter.COM - Seniman tanah air memperkenalkan Majapahit ke Kancah Internasional memalui lukisan 'Kusman Hadi'. Adalah pelukis Indonesia Tondi Hasibuan, yang akan memamerkan lukisan kontemporer bergaya Neo Kubisnya di pameran Internasional di Italia.

"Jadi saya ada pameran, memang kebetulan beruntun di Italia. September di Italia, Oktober di Florens dan solon eksebisi di Toma. Yang di Milan sekarang sedang berlangsung," ujar Tondi saat ditemui di Studio Lukis Tondi di Rajamantri Tengah, Bandung, Senin (13/9/2021).

Tak hanya sebagai seorang pelukis, Tondi yang juga sebagai Raja Huristak XII ini menunjukkan rasa cintanya terhadap romantika Kerajaan Majapahit. Dia mengaku sangat terpikat dengan nuansa masa lampau kala berkunjung ke Trowulan, Mojokerto, yang merupakan salah satu situs Kerjaan Majapahit.

"Saya beberapa kali ke Trowulan. Saya seperti melihat dunia di masa lampau. Masih ada orang-orang yang masih gondrong, disanggul. Yogyakarta dan Solo kang kental budayanya. Seperti Bandung dan Sumedang, begitu juga Trowulan. Unik dan menarik," kata Tondi.

Alhasil, dia pun mengepresikan kekagumannya melalui lukisan sosok Kusman Hadi, yang menggambarkan seorang pria yang memakai blankon. Lukisan Tondi ini akan dipamerkan di Milan Design Week 2021 pada 9-23 September 2021.

Baca juga :

"Pameran saya kali ini untuk sebuah wujud perjalanan karya dan membawa tema yang salah satunya lukisan kontemporer tentang Kerajaan Majapahit ke dunia internasional", ujar Tondi.

Tak hanya di Milan Fashion Week, lukisan Tondi itu juga akan dipamerkan di Florence Biennale XIII pada 23-31 Oktober 2021 dan Rossocinabro Roma pada 2-9 November. Tondi mengatakan, ada sebanyak 24 lukisan yang akan dipamerkan dalam acara tersebut.

"Saya juga gemar melukiskan puisi, intepretasi puisi begitu. Karena menurut saya ada ruang hampa dalam puisi, yang bisa diwakili oleh visual," kata Tondi.

Dengan adanya hal ini, dia berharap seni rupa Indonesia dapat lebih maju dan harum di dunia Internasional. Terlebih, dia juga menyebut pelukis-pelukis Indonesia memiliki talenta diatas rata-rata, hanya saja kurang mendapat publikasi ke kancah Internasional.

"Pelukis-pelukis di Indonesia itu kemampuannya di atas rata-rata, tetapi manajemennya misal untuk publikasi karya ke dunia internasional masih harus didorong lagi aspek manajemennya," pungkas Tondi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA