Monday, 20 Sep 2021
Temukan Kami di :
Politik

3 Anak Mantan Presiden Soeharto Tersandung Kasus BLBI Di Buru Sri Mulyani

Anas Baidowi - 12/09/2021 09:49

Beritacenter.COM - Tiga anak mantan Presiden Soeharto tersandung kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Sebagai bendahara negara, Menteri Keuangan Sri Mulyani masih mengejar beberapa pihak seperti Keluarga Cendana.

Ketiga anak mantan Presiden Soeharto itu adalah, Siti Hardijanti Rukmana, Rukmana memiliki hutang ke negara masing-masing sebesar Rp 191,6 miliar, Rp 471,4 miliar, Rp 6,52 juta dollar AS, dan Rp 14,79 miliar. Jaminan aset atas utang tersebut tidak ada, jaminan hanya berupa SK proyek.

Kedua adalah Hutomo Mandala Putra, Hutomo Mandala Putra harus melakukan penyelesaian hak tagih negara dana BLBI senilai Rp 2,61 triliun. Dan Bambang Trihatmodjo, memiliki hutang Rp 60 miliar kepada negara.

Pemerintah berkomitmen untuk mengejar obligor dan debitor meski sudah berpindah alamat, bahkan ada yang di luar negeri seperti Singapura. Bagi obligor yang meninggal, pemerintah tetap menagih kepada ahli warisnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi juga telah membentuk satgas BLBI yang tertuang dalam Keppres Nomor 6 Tahun 2021. Beleid ini menyebutkan bahwa satgas bertujuan untuk melakukan penanganan, penyelesaian, dan pemulihan hak negara yang berasal dari dana BLBI secara efektif dan efisien.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA