Friday, 21 Jan 2022
Temukan Kami di :
Kesehatan

Catat! Ini 5 Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi COVID-19

Lukman Salasi - 25/08/2021 11:41

FOKUS : Vitamin

BeritaCenter.COM – Di tengah pandemi seperti saat ini setiap orang harus bisa menjaga daya tubuhnya dengan baik agar tidak mudah terinfeksi COVID-19. Apalagi, gejala corona sering diawali seperti pilek, flu, demam dsb.

Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh bisa dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin. Lalu, apa saja vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi COVID-19?

1. Vitamin C

Vitamin C ini dapat membantu melawan pilek lebih cepat atau meredakan gejala pilek jika meminumnya sebelum sakit. Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan. Vitamin C juga bagus untuk daya tahan tubuh dan menambah imun.

Makanan yang kaya vitamin C termasuk jeruk, grapefruits, stroberi, paprika, bayam, kangkung dan brokoli.

Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik, karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya. Vitamin C ada dalam begitu banyak makanan sehingga kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C, kecuali jika disarankan oleh dokter.

2. Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu tubuh mempertahankan kadar kalsium dan fosfor darah yang optimal. Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar ultraviolet matahari, atau melalui suplemen dan makanan yang dikonsumsi.

Selain merupakan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh, mendapatkan cukup vitamin D juga dapat melindungi dari infeksi pernapasan. Suplementasi vitamin D secara signifikan mengurangi kemungkinan infeksi saluran pernapasan, berdasarkan studi klinis yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics.

3. Vitamin B kompleks

Vitamin B6 sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima. Pastikan untuk mendapatkan cukup vitamin B sebagai suplemen dalam multivitamin atau makanan untuk menambah sistem imun.

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya vitamin B6 termasuk ayam dan ikan seperti salmon dan tuna. Vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau dan buncis, yang merupakan bahan utama hummus.

4. Zinc

Meminum pelega tenggorokan zinc, atau mengonsumsi obat flu yang dijual bebas dengan kandungan zinc di dalamnya (sebagai sirup atau tablet) membantu mempersingkat durasi pilek rhinovirus. Zinc juga membantu gejala hidung tersumbat, drainase hidung, sakit tenggorokan, dan menyelesaikan batuk lebih cepat.

Zinc juga telah ditemukan untuk membantu memproduksi dan mengaktifkan sel-T (limfosit-t), yang memicu tubuh untuk merespons infeksi, menurut NIH. Untuk pemulihan yang lebih cepat, mulailah mengonsumsi zinc untuk mengobati penyakit Anda dalam 24 jam pertama gejala.

Dosis zinc yang tepat adalah 75 mg, tetapi berhati-hatilah, mengonsumsi lebih dari 150mg zinc per hari dapat menyebabkan keracunan zinc dan juga berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

5. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Juga mampu menjaga daya tahan tubuh dan menambah sistem imun.

Selain mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang bisa didapatkan di toko obat, vitamin E juga terkandung dalam berbagai jenis makanan. Makanan kaya vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

Sangat penting untuk menghindari mengonsumsi suplemen vitamin E. Tidak hanya ada sedikit penelitian klinis yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin E bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga dapat berbahaya dalam beberapa situasi.

Suplemen atau multivitamin memang bagus untuk daya tahan tubuh dan sistem imun, namun cara terbaik untuk mengisi nutrisi penting adalah dengan mendapatkannya langsung dari makanan. Tubuh menyerap dan menggunakan vitamin dan nutrisi lebih baik jika berasal dari sumber makanan.




Berita Lainnya

Kamu Alami Rambut Rontok ? Coba 5 Bahan Alami ini

20/01/2022 23:45 - Rahman Hasibuan

5 Manfaat Konsumsi Durian untuk Kesehatan

19/01/2022 23:56 - Rahman Hasibuan

Ampuh ! Ini Obat Alami Atasi Penyakit Usus Buntu

18/01/2022 12:50 - Baharuddin Kamal

Inilah 4 Manfaat Konsumsi Buah Pir untuk Kesehatan

17/01/2022 23:57 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA