Monday, 27 Sep 2021
Temukan Kami di :
Teknologi

Upaya Sony Penuhi Target Pasar, Amankan Kebutuhan Chip Cegah Kelangkaan PS5

Untuk PS5, targetnya telah ditetapkan untuk jumlah unit yang akan dijual tahun ini, dan kami telah mengamankan jumlah chip yang dibutuhkan untuk mencapai target itu

Aisyah Isyana - 06/08/2021 10:35

Beritacenter,COM - Konsol besutan Sony, yakni PlaysStation 5, terpantau masih silit dicara atau langka di pasaran sejak diluncurkan di akhir 2020 lalu. Guna memastikan para Gamer dapat memiliki PS5, Sony disebut telah mengamankan chip dalam jumlah banyak untuk memenuhi target produksi PS5 tahun ini.

Chief Financial Officer Sony,Hiroki Totoki, menyebut perusahaan telah mendapatkan cukup chip guna memenuhi penjualan 14,8 juta unit PS5 hingga Maret 2022. Dia mengungkapkan hal itu saat membicarakan laporan keuangan Sony untuk kuartal pertama 2021.

Baca juga : Gamer di Asia Tenggara 40,3%-nya dari Indonesia, Transaksi di Games Capai Rp30 T

"Kelangkaan semikonduktor memiliki dampak di berbagai area dan lewat berbagai cara, kami telah mengambil beberapa tindakan," kata Totoki seperti dikutip dari Gamespot, Kamis (5/8/2021).

"Untuk PS5, targetnya telah ditetapkan untuk jumlah unit yang akan dijual tahun ini, dan kami telah mengamankan jumlah chip yang dibutuhkan untuk mencapai target itu. Terkait suplai semikonduktor, kami tidak khawatir," sambungnya.

Sejauh ini, Sony sebelumnya menyebut pihaknya telah menjual 10 juta unit PS5 sejak dliluncurkan 9 bulan lalu. Untuk kuartal pertama (Q1) 2021, Sony telah menjual 2,3 juta PS5. Guna memenuhi target di tahun fiskal ini, Sony harus menjual 12,5 juta unit PS5 lagi.

Sony menyebut mereka telah meraup keuntungan dari penjualan PS5 edisi standar atau yang menggunakan bluray disk. Hanya saja, untuk PS5 Digital Edition, Sony masih mengalami kerugian. Sony menyebut kerugian itu nantinya akan ditambal dari penjualan aksesoris.

Lucunya, pada kuartal pertama di tahun ini justru penjualan PS4 masih terpantau cukup tinggi, yakni diangka 500 ribu unit dan secara total sudah ada 116,4 juta unit PS4 yang terjual hingga saat ini. Hal itu diduga dipengaruhi karena sulitnya mendapatan PS5 dipasaran.

Permintaan terhadap PS5 yang cukup tinggi ini juga mendongkrak laba Sony di kuartal pertama tahun ini. Sony telah meraup laba sebesar 208,1 miliar Yen dan menunjukkan kenaikan signifikan dari laba 221,7 miliar Yen yang dilaporkan ditahun sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, kelangkaan PS5 di pasaran membuat para gamer harus lebih bersabar lagi untuk menjajal konsol next gen ini. Terlebih, stok PS5 di toko ritel biasanya tak menentu dan jumlahnya sedikit membuat PS5 dapat langsung ludes dalam hitungan menit.

Kondisi ini diperparah dengan adanya penimbun PS5 di toko ritel yang menggunakan bot, untuk kemudian dijual lagi dengan harga yang tinggi. Meski paritel telah berupaya untuk memerangi bot ini, dampak yang dirasakan dipasaran masih belum signifikan dan harga PS5 juga masih terpantau tinggi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA