Monday, 20 Sep 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Soal Penerapan PPKM Darurat, Jokowi: Tidak Ada Cara Selain Itu

Lukman Salasi - 30/07/2021 16:03

BeritaCenter.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak ada cara selain memberlakukan PPKM darurat untuk menekan laju penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Pasalnya, kata Jokowi, zona merah sudah merata di Jawa dan Bali akibat varian delta. Kasus positif yang awal sudah menurun kembali melonjak tajam.

"Tetapi tanpa terprediksi, muncul yang namanya varian Delta, varian baru jenis baru dari Corona muncul di India, kemudian muncul di seluruh negara di dunia sehingga ekonomi global pun guncang. Kita juga sama, begitu virus Delta ini muncul, langsung kasus positif menjadi naik secara drastis," kata Jokowi dalam sambutannya saat pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 di halaman Istana Merdeka, yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

"Tidak ada jalan lain saat itu karena di Pulau Jawa dan di Pulau Bali kita lihat semuanya titik semua titik merah, tidak ada yang kuning, sehingga keputusan yang sangat berat kita lakukan dengan PPKM darurat karena tidak ada cara yang selain yang itu, karena melompat kasusnya," lanjut Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan kenapa Indonesia tak bisa menerapkan lockdown seperti negara lain. Sebab masyarakat banyak menjerit padahal Indonesia hanya memberlakkan PPKM. Apalagi lokcdown.

"Nggak bisa kita tutup seperti negara lain, lockdown. Lockdown itu artinya ditutup total," tuturnya.

"Kemarin yang namanya PPKM darurat itu kan namanya semi-lockdown. Itu masih semi saja sudah, saya masuk ke kampung, saya masuk ke daerah, semuanya menjerit, minta untuk dibuka,” ujar Jokowi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA