Monday, 20 Sep 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Jeroan Sapi dan Ayam

Dewi Sari - 27/07/2021 08:15

Beritacenter.COM - Jeroan sapi dan ayam memiliki cita rasa yang enak bila dikelolahnya dengan baik. Kedua jeroan ini dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol serta masalah asam urat.

Walau begitu, berbagai olahan hidangan dengan bahan dasar jeroan seperti usus, babat, hati, dan lain sebagainya memiliki rasa sangat sedap dan sulit kita lewatkan. Baik sebagai soto, gule, atau dibuat menjadi berbagai jenis hidangan lain, jeroan merupakan makanan yang lezat untuk disantap.

Selama ini, jeroan hanya dikenal dengan berbagai dampak buruk yang mungkin muncul. Namun, siapa sangka bahwa ternyata terdapat manfaat sehat yang bisa kita peroleh dari konsumsi berbagai jenis jeroan ini.

Jeroan memiliki kandungan penuh nutrisi yang bisa lebih baik dibanding daging. Sejumlah vitamin dan mineral bisa diperoleh dari jeroan, termasuk kandungan vitamin B, zat besi, serta zinc.


Berikut 5 manfaat kesehatan memakan jeroan sapi dan ayam seperti dilansir dari Merdeka.COM.

1. Menurunkan Risiko Alzheimer's

Pada hati, terdapat kandungan thiamin atau dikenal juga sebagai vitamin B1. Penelitian mengungkap bahwa thiamin bisa mencegah faktor risiko Alzheimer's termasuk hilangnya ingatan serta terbentuknya plak.

Meningkatkan Energi dan Menurunkan Risiko Kanker

2. Meningkatkan Energi

Jeroan terutama pada hati dan ginjal mengandung zat besi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kurangnya zat besi bisa menjadi penyebab kelelahan dan kurangnya energi. Oleh karena itu, konsumsi ginjal dan hati bisa menjadi cara untuk meningkatkan energi secara cepat.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Jeroan memiliki kandungan Riboflavin atau biasa dikenal sebagai vitamin B2 yang bisa bermanfaat melindungi tubuh dari kanker jenis tertentu. Penelitian mengungkap bahwa Riboflavin bisa menurunkan risiko kanker paru-paru dan kolorektal.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Memperkuat Sistem Imun

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Semua jeroan kecuali usus memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi. Kombinasi kandungan ini dengan folat bisa menyeimbangkan tingkat homocysteine di dalam darah. Tingginya tingkat homocysteine di dalam darah merupakan penyebab terjadinya penyakit kardiovaskular.

5. Memperkuat Sistem Imun

Sejumlah jeroan seperti hati, ginjal, dan jantung memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zinc diperlukan oleh sistem imum tubuh untuk mencegah terjadinya infeksi di dalam tubuh.

 




Berita Lainnya

Dunia Masih Belum Aman

18/09/2021 13:58 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA