Monday, 20 Sep 2021
Temukan Kami di :
News

Gempa M 6,3 Guncang Sulawesi Tengah, Warga Ngungsi ke Dataran Tinggi

Anas Baidowi - 26/07/2021 21:30

Beritacenter.COM - Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (Sulteng) diguncang gempa bumi magnitudo (M) 6,3. Warga berhamburan mengevakuasi diri kedataran tinggi, dan akibat gempa listrik pun padam.

Plt Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB, Andul Muhari menerangkan, Kabupaten Tojo Una-una diguncang gempa kuat selama 3 detik. Saat gampa terjadi warga panik hingga keluar rumah.

"Getaran gempa yang kuat membuat warga pesisir lebih memilih mengungsi ek dataran yang lebih tinggi di Desa Sansarino, Kecamatan Ampana Kota.," katanya, Senin (26/7).

BPBD setempat belum menerima laporan sola dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa.

hal serupa dirasakan warga di Kabupaten Morowali Utara, Sulteng. Gempa dirasakan kuat selama 3 detik dan membuat warga sempat panik keluar rumah.

Pascagempa BPBD setempat melakukan pemantauan di lapangan. Dilaporkan guncangan kuat dirasakan warga dan menimbulkan kepanikan.

"Namun demikian kondisi sudah normal Kembali. Belum ada laporan kerusakan dari BPBD setempat," ucapnya.

Pagi tadi, pukul 10.52 WIB, gempa M 5,9 di Tojo Una-una juga memicu guncangan kuat 2-3 detik yang dirasakan masyarakat setempat.

BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD di wilayah yang merasakan guncangan kuat gempa. Sedangkan BMKG memberikan rekomendasi kepada masyarakat di Pesisir Bolaang dan Bunta untuk menjauhi pantau sementara waktu dan tetap tenang.

"BNPB mengimbau warga untuk tidak panik dan memantau situasi atau informasi dari sumber resmi, seperti dari BMKG, BNPB maupun BPBD setempat," katanya.

Gempa M 6,5 terjadi pada hari ini pukul 19.09 WIB. Lokasi koordinat gempa ada di 0,73 lintang selatan dan 121,92 bujur timur. Pusat gempa ada di kedalaman 10 km.




Berita Lainnya

Sanksi Bagi PNS Yang Nekat Poligami

19/09/2021 12:52 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA