Monday, 20 Sep 2021
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Bongkar Pemalsuan Surat PCR di Bandara Halim, Oknum Petugas Lost and Found-OB Ditangkap

Aisyah Isyana - 23/07/2021 20:32

Beritacenter.COM - Praktik pemalsuan hasil swab PCR di Banara Halim Perdanakusuma, Jakarta, berhasil dibongkar polisi. Dari hasil penyelidikan polisi, praktik pemalsuan hasil swab PCR itu turut melibatkan oknum petugas bandara.

"Ada petugas lost and found, ada yang OB (office boy)," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur Kompol Indra Tarigan saat dihubungi detikcom, Jumat (23/7/2021).

Baca juga :

Dalam kasus ini, polisi menangkap total lima orang pelaku, yakni DI, MR, MD, DDS, dan KA. Pelaku berinisial DDS dan KA, diketahui sebagai calon penumpang yang menggunakan surat swab PCR palsu tersebut.

"DI dan MR ini yang bertugas sebagai marketing dan broker, mereka mencari calon penumpang yang perlu surat swab PCR," katanya.

Kepada calon penumpang yang memerlukan jasa meraka, para pelaku menawarkan harga swab PCR palsu sebesar Rp600 ribu saja. Pelaku berinsial MD lah yang nantinya bertugas mengedit PCR dari contoh surat yang sudah ada.

"Nawarin Rp 600 ribu, diminta KTP, dikirim temennya. Temennya bikin dia edit, dikirim lalu print," ujar Indra.

Kapolres Metro Jakarta Timur sebelumnya telah menyebut pihaknya selama sepekan terakhir menyebut pelaku telah membuat 11 surat keterangan hasil swab palsu. Dari 11 surat yang telah dibuat pelaku, delapan surat swab palsu berhasil lolos pemeriksaan petugas bandara.

"Sudah mengeluarkan 11 surat keterangan palsu dan tiga di antaranya ditolak. Delapan berhasil digunakan untuk penumpang gunakan perjalanan pesawat terbang," ungkap Erwin dalam konferensi pers di Polres Jaktim.

Erwin menduga masih ada sindikat pelaku pemuat swab palsu lain yang beroperasi di Banadara Halim Perdanakusuma. "Para tersangka ini tengah didalami terkait adakah kaitannya dengan jaringan pemalsu PCR secara luas," pungkas Erwin.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA