Monday, 20 Sep 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

Jangan Panik, Inilah Cara Mengatasi Sesak Napas

Dewi Sari - 23/07/2021 14:30

Beritacenter.COM - Cara mengatasi sesak nafas yang menyerang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Yang terpenting, Anda jangan mudah panik agar sesak nafas tidak menjadi lebih buruk.

Kondisi sesak nafas sendiri sering digambarkan dimana dada terasa nyeri, nafas juga jadi lebih pendek. Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan membuat anda khawatir.

Ada beberapa cara mengatasi sesak nafas yang mudah dan cepat, dilansir laman Medicalnewstoday, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Bernafas yang dalam

Bernafas dalam-dalam melalui perut dapat menbantu seseorang jika mengalami sesak nafas, untuk melakukannya anda dapat berbaring dan meletakkan tangan di perut.

Lalu tarik nafas dalam melalui hidung, kembangkan perut, biarkan paru-paru terisi udara, tahan nafas beberapa detik, dan bernapaslah perlahan melalui mulut.

2. Cari posisi yang nyaman

Posisi yang nyaman hingga berbaring dapat membantu untuk rileks dan mengatur nafas, jika anda mengalami sesak akibat kelelahan, cara ini sangat membantu. Anda bisa mencobanya dengan duduk di kursi dengan kedua kaki memijak lantai

3. Menggunakan kipas angin

Sebuah penelitian di tahun 2010 melaporkan bahwa menggunakan kipas angin yang meniupkan udara ke hidung dan wajah dapat mengurangi sesak nafas, dan seolah merasakan kekuatan udara yang masuk ke dalam tubuh.

4. Makan jahe segar

Makan jahe segar atau dicampur dengan air hangat lalu diminum diyakini dapat membantu mengurangi sesak nafas, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa jahe mungkin efektif dalam memerangi virus yang menyerang pernafasan.

5. Merebahkan kepala di atas meja

Posisi ini diyakini bisa membuat nyaman jika anda mengalami sesak nafas, untuk melakukannya anda bisa duduk di kursi dan badan menghadap meja, lalu lipat kedua tangan dan taruh kepala anda di lengan. Atur nafas pelan melalui hidung sampai merasa lega.

 




Berita Lainnya

Dunia Masih Belum Aman

18/09/2021 13:58 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA