Friday, 30 Jul 2021
Temukan Kami di :
Opini

MARI BELAJAR MERUNDUK

Indah Pratiwi - 22/07/2021 22:10 Ditulis Oleh : Herry Tjahjono

Awak darat (ground crew) salah satu maskapai penerbangan Jepang berdiri berjejer. Mereka menghadap semua penumpang sembari membungkukkan badan. Semua awak darat itu bertugas di bandara Vietnam. Mereka mengekspresikan penyesalan dan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Padahal "delay" itu dikarenakan oleh cuaca yang buruk....

Itu bukan soal disiplin dan peraturan perusahaan mereka semata. Tapi ada nilai-nilai yang mengendap dalam diri mereka. Nilai melayani yang luarbiasa. Maka lahirlah keikhlasan ketika mereka membungkuk.

Mereka tidak sepenuhnya bersalah, penundaan itu karena cuaca buruk. Tapi mereka seperti tak mau sedikitpun membuat luka, duka, di hati penumpangnya. Hanya keikhlasan yang bisa menuntun seorang pekerja atau siapapun untuk bisa melayani seperti itu.

Saya rindu hal itu di negeri ini. Terutama para pemimpinnya. Di sini, bahkan ada pemimpin yang menyembunyikan kesalahannya, ketidakbecusannya. Jangankan minta maaf, kalau perlu dia melemparkan kesalahannya pada pihak lain. Setidaknya dia menguburkannya dalam-dalam.

Hanya kerendahan hati dan keikhlasan yang membuat kita mampu merundukkan kepala, meminta maaf, dan membuat orang lain terbalut lukanya. Kita mulai saja dari diri kita masing-masing, agar berpendar pada orang-orang terdekat di sekitar kita dulu. Jangan menunggu contoh dari para pemimpin.
By : HT




Berita Lainnya

End Game Sudah "End" Sebelum Game

30/07/2021 15:00 - Indah Pratiwi

PPKM DAN KEBRUTALAN AKHLAK

30/07/2021 13:00 - Indah Pratiwi

Merenungkan Jokowi

29/07/2021 19:00 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA