Saturday, 24 Jul 2021
Temukan Kami di :
News

BMKG Waspadai 14 Wilayah Ini Alami Cuaca Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

Dewi Sari - 22/07/2021 14:07

Beritacenter.COM - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai adanya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada Kamis (22/7/2021).

Dikutip dari situs BMKG mengatakan ada 14 wilayah akan terjadinya cuaca ekstrem hujan disertai i kilat atau petir serta angin kencang.

Daerah sirkulasi siklonik akan terjadi di perairan barat Bengkulu. Sirkulasi siklonik di perairan barat Bengkulu akan membentuk daerah pertemuan angin atau konfluen yang memanjang dari Sumatera Selatan hingga perairan utara Bangka Belitung.

Selain itu juga akan terjadi daerah titik pertemuan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi. Keadaan menuju satu titik pertemuan ini terpantau memanjang di perairan barat Aceh hingga Aceh.

Di Sulawesi Tenggara bagian selatan hingga Sulawesi Tengah, dan dari Papua bagian timur dan juga di perairan utara Papua Barat juga terjadi konvergensi yang memanjang.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut 14 wilayah yahg harus diwaspadai mengingat akan adanya cuaca ekstrem di 14 wilayah tersebut.

Bengkulu
Sumatera Selatan
Lampung
Banten
Jawa Barat
Sulawesi Tengah
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tenggara
Maluku
Papua Barat
Papua




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA