Wednesday, 22 Sep 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Epidemiologi Setuju PPKM Darurat Diperpanjang

Lukman Salasi - 19/07/2021 16:00

BeritaCenter.COM - Pemerintah saat ini masih mempertimbangkan betul apakah PPKM Darurat yang akan berakhir 20 Juli besok akan diperpanjang atau tidak. Sejumlah epidemiolog setuju dan mendukung PPKM tersebut diperpanjang.

"Iya setuju (PPKM diperpanjang)," kata Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono Pandu Riono, Minggu (18/7/2021).

Alasannya, kasus Corona di Indonesia masih belum menunjukkan penurunan sehingga PPKM perlu diperpanjang. Pandu berharap, jika diperpanjang, PPKM tersebut harus lebih disiplin lagi diterapkan.

"Mau cepat (perpanjangan) bisa, mau lama juga bisa. Kalau mau cepat ya (kebijakan PPKM Darurat) harus benar-benar dikerjain," tuturnya.

Sementara itu, Epidemiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Bayu Satria Wiratama juga sepakat PPKM Darurat diperpanjang. Namun, perpanjangan juga diiringi dengan pengetatan mobilitas.

"Sebaiknya diperpanjang tapi dengan catatan mampu menurunkan mobilitas baik di lingkungan perumahan atau di tempat kerja atau tempat umum sebesar 70%an. Karena yang saat ini belum mampu menurunkan mobilitas sampai ke tingkat tersebut terutama di area pemukiman," kata Bayu.

Bayu menyebut pembatasan mobilitas warga di permukiman akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Sosialisasi terkait PPKM Darurat ke masyarakat juga perlu digenjot pemerintah.

"Jika bisa dievaluasi dan diperketat serta implementasinya diperbaiki terutama di level RT/RW dan area pemukiman maka paling tidak (PPKM Darurat) 2-3 minggu lagi," tuturnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA