Tuesday, 27 Jul 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

Kenali 5 Risiko Kesehatan jika Berlebihan Minum Kopi di Pagi Hari

Dewi Sari - 19/07/2021 08:00

Beritacenter.COM - Meminum kopi di pagi hari bisa menjadi alternatif untuk menggantikan sarapan kita sebelum memulai aktivitas kerja. Tapi tahukah anda dampak kesehatan jika berlebihan meminum kopi di pagi hari.

Penasaran apa saja efek samping yang diberikan jika berlebihan meminum kopi di pagi hari. Berikut 5 resiko kesehatan akibat keseringan meminum kopi di pagi hari.

1. Meningkatkan tekanan darah

Menurut Harvard Medical School, kafein biasanya tidak menyebabkan tekanan darah Anda meningkat. Kafein dalam kopi juga tidak menimbulkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Namun, kopi dapat meningkatkan tekanan darah setelah tiga jam mengonsumsinya.

2. Sering sakit kepala

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine menunjukkan bahwa mereka yang minum tiga gelas kopi setiap hari cenderung sering mengalami migrain. Untuk itu cobalah mengurangi porsi minum kopi, setidaknya satu gelas saja sudah cukup.

3. Meningkatkan kecemasan

Minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari menyebabkan tubuh Anda gemetar. Bahkan Anda merasakan mual atau jantung berdegup kencang. Jika kecemasan meningkat, sebaiknya hindari minum kopi dalam jumlah banyak atau bahkan tidak sama sekali.

"Efek alami kafein merangsang sejumlah sensasi, seperti jantung Anda berdetak lebih cepat, tubuh Anda memanas, laju pernapasan Anda meningkat. Semua hal itu dapat meningkatkan kecemasan," kata Susan Bowling, PsyD, psikolog Pusat Kesehatan Wanita di Klinik Wooster Branch dari Cleveland Clinic.

4. Mengganggu tidur

Jika Anda mengalami sulit tidur saat malam hari, bisa jadi Anda terlalu banyak minum kopi. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa minum kafein hingga enam jam sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

5. Mengurangi tingkat kesuburan

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah berlebihan dapat menghambat kesuburan. Dokter menyarankan untuk membatasi minum kopi jika pasutri sedang mencoba program kehamilan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA