Saturday, 25 Sep 2021
Temukan Kami di :
News

Gubernur DKI Imbau Warga Tetap Dirumah, Tak Datangi Tempat Potong Hewan Kurban

Aisyah Isyana - 18/07/2021 14:23

Beritacenter.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar masyarakat tidak mendatangi tempat pemotongan hewan kurban, saat perayaan hari raya Idul Adha nanti. Dia memastikan daging kurban akan dibagi-bagikan ke rumah-rumah warga oleh panitia.

"Kami mengimbau untuk tidak mendatangi tempat-tempat pemotongan, dikerjakan oleh panitia saja dan dibagikan oleh panitia langsung ke rumah penerima," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (18/7/2021).

Baca juga : 

Menurutnya, pantia kurban nanti akan secara langsung membagi-bagikan daging kurban secara door to dood ke rumah warga. Hal itu juga sudah dilakukan sejak tahun lalu, guna mencegahh penyebaran virus Corona. Dengan begitu, warga tidak pelu berkerumun untuk mengantre jatah daging kurban.

"Sehingga tidak perlu ada yang antre untuk mengambil daging hewan kurban. Semuanya dibagikan ini sudah dilakukan tahun lalu dan tahun ini mengulang," sebutnya.

Selain itu, Anies juga meminta warga agar tidak menggelar salat Idul Adha di lapangan atau masjid, sebagaimana anjuran Kementerian Agama. Guna mencegah penularan COVID-19, Anies mengimbau warga agar menggelar salat Idul Adha di rumah masing-masing.

"Saya minta seluruh masyarakat untuk melaksanakan hari raya Idul kurban ini sesuai dengan anjuran edaran Menag. Kita sadari ini masa pandemi di satu sisi menjalankan kegiatan Idul Adha, di sisi lain menjalankan ketentuan protokol kesehatan sehingga syariat terlaksanakan, tetapi keselamatan juga tertunaikan," ucapnya.

Untuk diketui, hari raya Idul Adha telah ditetapkan pemerintah jatuh pada 20 Juli 2021. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan warga soal aturan pelaksanaan ibadah Idul Adha ditengah pandemi COVID-19.

Terdapat dua aturan yang dikeluarkan Kemenag, yakni pertama edaran Menteri Agama No SE 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M di Luar Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kemudian, kedua edaran Menteri Agama No SE 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Kami meminta supaya takbiran dan salat Idul Adha di wilayah PPKM darurat dilakukan di rumah masing-masing. Di luar PPKN darurat, dan bukan termasuk zona merah dan zona oranye, malam takbiran dan salat Idul Adha dapat dilakukan setelah memenuhi ketentuan sebagai sebagaimana Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2021," ujar Yaqut seperti dalam akun YouTube Kemenag, Sabtu (10/7/2021).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA