Tuesday, 21 Sep 2021
Temukan Kami di :
Travel

Murah Meriah ! Ini 10 Tempat Wisata Alam Recommended di Yogyakarta

Baharuddin Kamal - 17/07/2021 20:00

Beritacenter.COM - Kota Sultan atau Kota Gudeg Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata. Berikut rekomendasi wisata alam Jogja yang menarik dan layak dikunjungi.

1. Puncak Becici
Dari hutan pinus ini kamu bisa menyaksikan senja yang indah sekaligus romantis dan melihat pemandangan indahnya kota Yogyakarta dari ketinggian.

Untuk memasuki kawasan ini, sini traveler hanya cukup membayar uang parkir saja Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jangan lupa traveler mengabadikan moment liburan dari ketinggian ya.

Puncak Becici di Bantul pernah disinggahi Presiden AS Barack Obama 2017 silam. Puncak Becici berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul atau 30 Km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke Puncak Becici kamu bisa melewati jalur Yogyakarta-Wonosari.

Juga dari puncak kamu bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari atas sini. Kamu juga bisa menikmati kecantikan Candi Prambanan bagian utara dan pantai selatan di sini ya. Selain itu Sunset di Puncak Becici merupakan salah satu yang tercantik dan terbaik di Yogyakarta.

2. Pinus Pengger
Bantul punya satu hutan pinus yang Instagramable. Namanya Pinus Pengger. Tak hanya menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, Pinus Pengger juga memiliki banyak spot foto yang Instagramable.

Untuk mencapai tempat wisata yang berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini, pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan darat sejauh 23 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta ke Desa Mangunan, Dlingo.

Sesampainya di Mangunan, pengunjung hanya perlu mengikuti petunjuk arah ke kawasan hutan pinus. Pinus Pengger sendiri berlokasi tidak jauh dari puncak Becici. Pinus Pengger baru dibuka sejak bulan April tahun 2016.

Selain menawarkan pemandangan alam, di sini (Pinus Pengger) ada 7 spot foto dengan beragam bentuk telapak tangan, jempol, jembatan setengah lingkaran.

3. Bunker Kaliadem
Tempat wisata alam Jogja yang terletak di Sleman ini menyuguhkan keindahan alam yang sejuk, dingin serta seru. Di sini kamu bisa melihat langsung view keindahan di bawah Gunung Merapi.

4. Bukit Klangon
Bukit Klangon ini termasuk wisata yang baru yang sedang terkenal baru-baru ini. Meski baru dikenal obyek wisata ini sebenarnya sudah dibuka untuk umum pada tahun 2011 yang lalu, wisata ini menyajikan keidahan alam bawah lereng merapi dan bisa buat ngecamp juga loh.

Untuk biaya masuk anda hanya akan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk kendaraan motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil. oke cukup murah, bukan?

5. Tirta Budi
Tempat wisata alam Jogja berikutnya adalah Pemandian Tirta Budi alias Blue Lagoon. Disebut Blue Lagoon karena airnya biru dan bening layaknya oase di padang pasir. Pemandian ini sendiri berupa kolam yang tidak begitu besar,ada pancuran kecil di tengahnya mengalir air dari batang bambu

Dulunya Pemandian ini biasa digunakan oleh warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari, namun karena keindahan dari tempat ini akhirnya banyak orang yang berminat untuk berkunjung dan ikut mandi di sana.

Walau ukuran kolam di Blue Lagoon tidak besar, ada keunikan disini, yaitu adanya ikan-ikan kecil di dalamnya. Jika tubuh kita masuk dalam kolam ini, bersiaplah pasukan ikan-ikan kecil tersebut menghampiri. Eits, tapi tenang saja, ikan tersebut tidak mengerikan seperti ikan piranha lho, malah kita akan merasakan sensasi kulit kita digigit lembut mirip seperti terapi spa ikan.

Pastinya mendapatkan pengalaman yang luar biasa jika berendam di Blue Lagoon. Selain merasakan airnya yang dingin dan menyegarkan, rimbun pepohonan di sekitar kolam makin menambah kesejukan dan keteduhan, cocok sekali menghilangkan lelah setelah seharian berkeliling Yogya.

Segarkan harimu di Blue Lagoon, surga tersembunyi ini ini adalah cara baru menikmati keindahan alam kota Yogyakarta. Jika tertarik untuk berkunjung, lokasi Blue Lagoon atau Pemandian Tirtabudi ada di Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

Untuk menuju kesana bisa dilalui dari Jalan Kaliurang km 13 lalu di sekitaran Indomaret Besi, langsung belok kanan atau menuju timur, dari sana perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 5 km lagi untuk bisa menemukan Oase cantik tersembunyi ini di Yogya.

6. Pantai Parangtritis
Menyebut wisata alam Jogja tak lengkap rasanya jika tak menyebut Pantai Parangtritis, di sini traveler bisa menikmati suasana pantai dansunsetnya yang asyik.

Pantai ini mempunyai keunikan dengan ombak ombak besar dan adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk pasir. Konon, Pantai Parangkusumo yang berada di dekat Pantai Parangtritis menjadi lokasi pertemuan antara Raja Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Dipercayai, ada larangan untuk mengenakan baju hijau bagi turis saat mendatangi pantai itu.

7. Tebing Breksi
Penikmat senja, cocok nih datang ke Tebing Breksi. Dari puncaknya, traveler dapat melihat matahari yang kembali pulang ke peraduan sambil menikmati kerlap-kerlip lampu Kota Yogyakarta di malam hari. Selain itu, traveler juga dapat berfoto dengan latar batu kapur besar yang di dindingnya diukir tersebut.

Tebing Breksi terletak di Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Traveler dapat datang setiap hari mulai pukul 06.00-20.00 WIB. Harga tiketnya Rp 5-10 ribu.

8. The Lost World Castle
Di sekitar Gunung Merapi terdapat objek wisata kekinian yaitu The Lost World Castle. Sama seperti namanya, traveler akan disuguhi pemandangan berbagai jenis benteng, mulai dari Benteng Takeshi hingga Tembok Besar China.

Selain itu, traveler juga akan merasakan sensasi berada di luar negeri karena di sana terdapat kebun bunga sakura khas Jepang. Kemudian traveler juga dapat menemukan rumah suku Indian serta berbagai kapal ikonik.

Objek wisata ini terletak di Jalan Patung Merapi, Desa Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. The Lost World Castle buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 30 ribu.

9. SvargaBumi
Destinasi wisata SvargaBumi Borobudur tengah menarik perhatian publik. Di sana wisatawan disuguhi pemandangan sawah serta pegunungan. Objek wisata ini terletak tak jauh dari kawasan Candi Borobudur, Magelang. Yup, apalagi kalau bukan SvargaBumi. Di sini traveler dapat melihat hijaunya sawah sejauh mata memandang.

Serunya lagi, SvargaBumi ini menyediakan lebih dari 20 spot selfie. Selain itu ada pula gazebo dan tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai.

SvargaBumi terletak di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Traveler cukup membayar Rp 25 ribu untuk dapat menikmati wisata ini sepuasnya.

SvargaBumi buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB di hari biasa. Sementara untuk Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.30-18.00 WIB.

10. Jurang Tembelan Kanigoro
Di kawasan Mangunan di Dlingo, Bantul, Anda bisa menyambangi tempat wisata lainnya yang punya banyak selfie spot. Jurang Tembelan Kanigoro, begitu namanya, berlokasi di dekat Kebun Buah Mangunan dan memiliki panorama lembah hijau.

Pihak pengelola telah membangun anjungan pandang (sekaligus selfie spot) berupa perahu yang menjorok ke jurang. Panorama matahari terbit di sini tak ada duanya!




Berita Lainnya

Ini Sederet Surga Wisata yang Tersembunyi di Lampung

07/08/2021 18:00 - Baharuddin Kamal

Ini 6 Tempat Wisata Recommended di Puncak Bogor

19/07/2021 21:00 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA