Wednesday, 22 Sep 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

7 Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan

Dewi Sari - 12/07/2021 13:00

Beritacenter.COM - Bawang bombai merupakan bumbu yang biasa digunakan untuk penyedap makanan. Bawang bombay memiliki rasa yang lezat dan menyehatkan buat tubuh kita.

Bawang bombay sendiri sangat mudah digunakan dan bisa ditambahkan dalam berbagai jenis masakan. Konsumsi bawang bombay secara rutin ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Berikut 7 manfaat bawang bombai untuk dikonsumsi setiap harinya.

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Beberapa penelitian telah dilakukan pada bawang bombay menemukan bahwa konsumsi bawang bombay dapat memberikan efek positif terhadap tubuh. Terutama untuk kesehatan tulang.

Salah satunya bawang bombay terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang. Jika dibandingkan, orang yang konsumsi setidaknya satu buah bawang bombay dalam sehari selama satu bulan terbukti mengalami peningkatan kepadatan tulang sebesar 5%.

2. Mengurangi Kolesterol

Bawang bombay memiliki kandungan anti inflamasi yang baik. Kandungan tersebut membuat bawang bombay dapat mengurangi kolesterol buruk dalam tubuh.

Tingkat kolesterol yang rendah akan berdampak pada menurunnya risiko penyakit kardiovaskular. Dengan begitu hal ini akan berdampak juga pada jantung yang lebih sehat.

3. Memperlancar Pencernaan

Bawang bombay mengandung banyak serat. Kecukupan serat dalam bawang bombay ini dapat mempercepat pencernaan dan penyerapan zat makanan di dalam tubuh.

Bawang bombay juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi bakteri baik dalam usus. Meningkatnya bakteri baik tersebut akan membantu proses pencernaan menjadi lebih mudah dan lancar.

4. Mengurangi Kerusakan Sel

Bawang bombay mengandung banyak kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat. Bahkan dalam sebuah bawang bombay ditemukan 25 kandungan antioksidan yang berbeda-beda.
Antioksidan ini tidak hanya berguna untuk melawan beberapa penyakit. Antioksidan juga memiliki kegunaan untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Mulut dan Mata

Mulut menjadi sarang berkumpulnya bakteri yang masuk melalui makanan. Saat kamu mengunyah bawang bombay, beberapa kandungannya akan membunuh bakteri dan meningkatkan kebersihan mulut. Bahkan kandungan antimikrobanya dapat menguatkan gigi.
Bawang bombay juga mengandung quercetin. Kandungan ini merupakan kandungan yang mampu melawan katarak dan menjaga ketajaman penglihatan mata.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bawang bombay sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami insomnia. Secara ilmiah, penelitian yang dilakukan di University of Colorado membuktikan bahwa konsumsi bawang bombay dapat meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini disebabkan oleh tingginya serat yang dimiliki oleh bawang bombay. Serat yang tinggi tersebut selain membantu perkembangan bakteri baik juga dapat meredakan stres.

7. Mencegah Penuaan dan Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bawang bombay kaya akan kandungan vitamin A, C dan E. Kandungan tersebut dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit sehat dan bersih.

Bawang bombay juga terbukti mampu meredakan masalah jerawat pada wajah. Menurut sebuah penelitian, mengoleskan ekstrak gel bawang bombay pada bekas luka terbukti ampuh untuk menyamarkan.

 

 




Berita Lainnya

Ini Lima Cara Alternatif Hilangkan Pusing Tanpa Obat

21/09/2021 19:57 - Baharuddin Kamal

5 Manfaat Mandi di Malam Hari

20/09/2021 23:30 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA