Wednesday, 22 Sep 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Kasus Covid -19 Terus Meningkat, Gubernur Anies Himbau Sabtu - Minggu Jangan Berpergian

Dewi Sari - 26/06/2021 08:00

Beritacenter.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghimbau kepada warganya untuk tidak berpergian ke luar kota pada Sabtu - Minggu mengingat kasus Covid -19 di Jakarta terus mengalami keningkatan. Menurutnya adanya kesadaran dan kebersamaan dalam memerangi virus tersebut.

"Kita ajak pada semuanya Sabtu-Minggu besok (hari ini) di rumah saja jangan bepergian. Kalau mau olahraga di sekitar rumah aja jangan jauh-jauh, situasi hari-hari ini beda dengan pekan lalu," ujar Anies dilihat dari akun Instagramnya, Jumat 26 Juni 2021 malam.

Anies berujar pada Kamis 24 Juni 2021, Jakarta mendapatkan rekor penambahan kasus harian tertinggi yakni mencapai 7.505. Lalu pada hari ini lebih rendah meskipun masih masuk kategori sangat tinggi yakni 6.934. Dia juga bilang jumlah kasus aktif di Ibu Kota mencapai lebih dari 40 ribu dan angka ini masih terus bertambah.

"Jadi kasus aktif Jakarta, kasus aktif artinya jumlah orang yang sudah terkonirmasi positif sedang isoman atau isolasi di rumah sakit dan belum dinyatakan negatif, jumlah kasus aktif itu lebih dari 40 ribu di Jakarta dan masih naik angkanya. Padahal dahulu ketika kita alami gelombang pertama di awal Februari itu paling tinggi 27 ribu, sekarang 40 ribu, jadi angkanya cukup tinggi," tuturnya.

Kendati demikian, Anies memaparkan bahwa testing yang dilakukan DKI sangat tinggi yakni 13,5 kali lipat dari standar yang sudah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia alias WHO. Bahkan, jumlah testing di Jakarta separuhnya dari total nasional. Sejurus dengan itu, ia berkata bahwa Pemprov DKI terus meningkatkan kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19.

"Jadi sangat tinggi bahkan kalau dihitung proporsi Indonesia kira-kira 45 sampai 50 persen dari testing yang ada di Indonesia itu dilakukan di Jakarta, rumah sakit juga begitu kapasitasnya dinaikan terus jauh diatas kapasitas," terang dia.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA