Saturday, 25 Sep 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

8 Manfaat Jeruk Nipis Manis untuk Kesehatan

Dewi Sari - 24/06/2021 19:00


Beritacenter.COM - Apakah Anda tahu manfaat jeruk nipis manis untuk kesehatan, atau tidak tahu apa itu jeruk nipis manis? Mungkin Anda akan mengira, jika ini adalah jeruk nipis biasa yang diberikan tambahan gula atau madu. Tapi Anda salah.

Jeruk nipis manis adalah buah jeruk berbentuk bulat layaknya jeruk nipis dengan kulit bertekstur halus dengan warna jingga kekuning-kuningan. Kulitnya semi-halus. Di India, jeruk nipis manis ini biasanya disebut mosambi atau musambi.

Dikutip Sahijab dari Pharmeasy, berikut 8 manfaat dari jerup nipis manis untuk kesehatan yang mungkin tidak kita ketahui.

1. Membantu Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dan antioksidan lain yang ada dalam jeruk nipis atau jusnya dapat membantu memperkuat kekebalan. Ini membantu menjauh dari pilek dan flu. Merangsang sirkulasi darah dan dengan demikian memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Membantu Meningkatkan Pencernaan

Makan mosambi segar dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan gangguan pencernaan. Minuman menyegarkan ini memiliki rasa unik yang merangsang kelenjar ludah untuk mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan, dan juga mengandung senyawa yang disebut flavonoid yang dapat meningkatkan kandungannya.

3. Mengatasi Dehidrasi

Saat haus dan dehidrasi, jangan minum soda tapi minum jus mosambi. Buah ini tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga mengandung mineral dan vitamin penting, yang dapat mengurangi terjadinya dehidrasi dan risiko komplikasi. Ini harus menjadi pilihan bagi atlet untuk mencegah dehidrasi dan kram otot.

4. Bagus untuk Mata, Kulit dan Rambut

Karena musambi kaya akan antioksidan dan sifat antibakteri, buah ini dianggap sangat bermanfaat bagi mata. Makan buah-buahan dapat melindungi mata dari infeksi, yang terutama disebabkan oleh alergi terhadap polusi atau benda asing. Musambi membantu mengatasi ketombe dengan memberikan kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan rambut dan akar.

Ketika akarnya kuat, itu juga dapat mengurangi kerontokan rambut dan jerawat, serta mengatasi pigmentasi. Oleskan jus musambi ke kulit dan biarkan semalam untuk membuat kulit bercahaya. Ini tidak hanya melembabkan tetapi juga meningkatkan warna kulit dan mencerahkan warna kulit.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus musambi, yang rendah lemak dan kalori, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Anda bisa minum campuran jus musambi dan madu untuk membakar kalori ekstra.

6. Membantu Mengobati Bisul

Salah satu manfaat utama jus musambi adalah dapat membantu mengobati maag. Ini adalah zat asam alami yang akan bereaksi dengan alkalinitas tubuh Anda dan membantu mengobati sakit maag dan mengurangi asam lambung.

7. Sumber Vitamin C yang Sangat Baik

Jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Scurvy adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Kondisi ini ditandai dengan pendarahan, gusi bengkak, pilek dan flu yang sering berjangkit, sariawan, sariawan, dan pecah-pecah. Konsumsi jeruk nipis secara teratur dapat mencegah penyakit kudis, dan telah diamati bahwa mengoleskan air jeruk nipis manis ke gusi berdarah dapat mengurangi gusi berdarah.

8. Melindungi Kesehatan Tulang

Musambi atau lemon manis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang dapat meredakan peradangan dan pembengkakan. Sehingga berperan penting dalam pengobatan gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Ini juga meningkatkan penyerapan kalsium, merangsang pembentukan tulang dalam sel, dan meningkatkan kesehatan tulang secara keseluruhan.

Jeruk nipis manis ini banyak digunakan sebagai jus buah di India, bahkan dijual di warung pinggir jalan. Anda juga bisa menyiapkan air detoks mentimun jeruk nipis manis. Campur kedua bahan dan isi dengan air dan biarkan meresap selama 3 sampai 4 jam.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA