Tuesday, 27 Jul 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

6 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan

Dewi Sari - 12/06/2021 14:04

Beritacenter.COM - Salah satu makanan dengan rasa gurih alami yang bisa ditemui pada berbagai jenis makanan adalah rumput laut. Bukan hanya pada beragam hidangan khas Asia Timur seperti dari jepang dan Korea Selatan, rumput laut juga bisa ditemui pada minuman lokal khas Indonesia.

Luasnya rentang makanan yang berbahan dasar rumput laut ini disebabkan karena memang terdapat berbagai macam jenis dari rumput laut. Seluruhnya juga memiliki rasa yang lezat dan tidak bisa disepelekan.

Rumput laut ini memiliki kandungan vitamin dan serat yang sangat tinggi di dalamnya. Beragam kandungan yang dimilikinya menjadikan rumput laut ini berguna mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker.

Sejumlah jenis yang berbeda dari rumput laut ini memiliki berbagai kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dilansir dari Women's Health Mag, berikut beragam jenis rumput laut serta berbagai manfaat sehat yang dimilikinya.

Arame dan Dulse
Arame

Arame merupakan spesies rumput laut dari ganggang coklat. Rumput laut jenis ini memiliki rasa yang gurih dan juga manis. Rumput laut jenis ini memiliki kandungan magnesium yang sangat tinggi serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 30 persen.

Dulse

Dulse merupakan spesies rumput laut yang berasal dari alga merah. Kandungan potasium dari dulse diketahui 35 persen lebih tinggi dari pisang ukuran besar. Oleh karena itu, rumput laut jenis ini memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh.

Hijiki dan Kombu

Hijiki

Hijiki adalah rumput laut berwarna cokelat yang umum digunakan di Asia Timur. Rumput laut jenis ini memiliki kandungan serat dan mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan magnesium. Berdasar penelitian, hijiki bisa sangat bermanfaat dalam meningkatkan energi terutama bagi wanita.

Kombu

Kombu merupakan salah satu jenis rumput laut yang banyak dimanfaatkan sebagai kaldu dalam berbagai makanan. Rasa yang sangat sedap dan kaya dari rumput laut ini menjadikannya juga banyak digunakan pada makanan.

Rumput laut jenis ini memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Peneliti juga menemukan bahwa pada rumput laut jenis ini memiliki kandungan bernama alginate yang bisa menurunkan penyerapan lemak.

Nori dan Wakame

Nori

Nori merupakan jenis rumput laut yang paling mudah ditemui bahkan di swalayan dalam bentuknya sebagai kudapan. Rumput laut jenis ini memiliki rasa yang cukup gurih dan asin. Manfaat dari rumput laut ini adalah mampu mencegah diabetes serta memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya di dalamnya.

Wakame

Wakame merupakan jenis rumput laut yang memiliki rasa dan tekstur yang agak manis, tetapi khas dan kuat. Kandungan dari wakame mampu melawan berbagai macam penyakit dengan sangat baik serta meningkatkan kekebalan tubuh.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA