Sunday, 20 Jun 2021
Temukan Kami di :
News

PAN soal DKI Izinkan Live Music di Kafe : Durasi Tampil Dibatasi, Jangan Lama-lama

Aisyah Isyana - 10/06/2021 08:56

Beritacenter.COM - PAN DKI Jakarta angkat bicara soal kebijakan Pemprov DKI yang mengizinkan restoran dan hotel untuk menggelar acara live music secara terbatas. PAN mengingatkan agar acara live music dengan pengunjung dibatasi itu digelar dengan durasi yang diperpendek.

"Tetap perhatikan prokes. Usahakan live music-nya bagian di ruang terbuka dari hotel atau restoran. Ya, berjarak-lah dengan pengunjung," kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Baca juga :

Oman meminta gar pihak restoran atau pun hotel untuk membatasi durasi acara live music. Dia juga meminta agar penampilan pengisi acara juga tak perlu lama-lama. "Diusahakan durasi tampilnya nggak lama, tapi tip dan bayarannya maksimal," kata dia.

Oman mengaku memahami betul jika seniman merupakan salah satu yang terdampak pandemi COVID-19, lantaran kesempatan berekpresi harus dibatasi guna mencegah kerumunan.

"Seniman memang paling terdampak selama pandemi COVID-19. Sama sekali tidak ada kesempatan berekspresi," tutur dia.

Selain itu, Gerindra DKI Jakarta juga meminta agar protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat saat acara live music berlangsung. Gerindra meminta agar pemerintah daerah alam menindak tegas dan memberikan sanksi kepada pelanggar prokes.

"Seniman juga mempunyai kebutuhan hidup yang sama tentunya. Bila memang ada kesempatan untuk mereka kembali berkarya, mengais rezeki, kenapa tidak, selama segala aturannya dijalankan dengan ketat dan penuh tanggung jawab," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani saat dihubungi, Rabu (9/6/2021).

"(Prokes diterapkan) sangat ketat dengan sanksi yang sesuai bila kafe tersebut melanggar," lanjutnya.

Rani menyebut para seniman telah lama sudah tak bisa melakukan pekerjaannya, karena adanya pembatasan selama pandemi COVID-19. Terlebih, acara live music di kafe-kafe atau tempat hiburan lainnya juga tak diizinkan selama pembatasan.

"Masalahnya sudah begitu lama mereka tidak dapat melakukan pekerjaannya, terutama bagi para seniman musik di kafe, diakibatkan kafe-kafe tidak beroperasi," tuturnya

Untuk itu, dia menilai pembukaan live music adalah salah satu pertimbangan bagi para seniman untuk berekspresi. "Harus juga jadi pertimbangan utama dikarenakan pandemi yang sudah begitu lama membuat orang-orang nekat keluar rumah demi mencari rezeki buat bertahan hidup," kata dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA