Wednesday, 22 Sep 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Ini Strategi KKP untuk Tingkatkan Ekspor Perikanan

Lukman Salasi - 25/05/2021 09:59

FOKUS : KKP

BeritaCenter.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggenjot produktivitas perikanan budidaya, khususnya komoditas unggulan ekspor. Ini menjadi salah satu strategi KKP untuk meningkatkan kinerja ekspor perikanan yang ditarget naik setiap tahunnya.

Demikian dijelaskan oleh Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar saat mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam rapat kerja dengan Komite II DPD RI di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Disebutkan bahwa secara keseluruhan nilai ekspor perikanan Indonesia pada 2020 mencapai angka USD5,2 miliar, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya sebesar USD4,9 miliar. Komoditas perikanan yang menjadi andalan ekspor Indonesia saat ini, kata Antam, diantaranya udang, tuna-cakalang, cumi-sotong-gurita, rajungan-kepiting dan rumput laut.

"Udang dan rumput laut sebagian besar merupakan hasil perikanan budidaya sementara tuna-cakalang, cumi-sotong-gurita dan rajungan-kepiting merupakan hasil perikanan tangkap," jelas Antam.

Antam mengatakan, untuk memenuhi pasar ekspor perikanan, langkah yang dilakukan pihaknya saat ini adalah memperkuat subsektor perikanan budidaya, khususnya untuk tiga komoditas yang penyerapan dan nilainya di pasar dunia cukup tinggi, yakni udang, rumput laut dan lobster.

Alasan memilih memperkuat subsektor budidaya, lanjut Antam, lantaran ingin menjaga sumber daya alam perikanan tetap lestari. Ini sesuai arahan Menteri Trenggono yang mengedepankan prinsip ekonomi biru dalam mengelola sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

"Bapak Menteri sangat concern sekali dengan keberlanjutan. Itulah sebabnya, pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor harus didukung oleh riset kelautan dan perikanan, sebagaimana tertuang dalam program prioritas," ungkap Antam.

Antam memaparkan, beberapa program telah dibuat bahkan ada yang sudah berjalan untuk meningkatkan produktivitas budidaya udang, rumput laut, dan juga lobster. Di antara program-program itu yakni pembangunan shrimp estate, revitalisasi tambak untuk percontohan klaster budidaya udang berkelanjuntan, dan tambak udang milenial.

"Sementara untuk komoditas lobster, KKP berencana mengembangkan lokasi percontohan budidaya lobster. Sedangkan untuk komoditas rumput laut, KKP berencana mengembangkan lokasi prioritas budidaya rumput laut yang akan didukung dengan hilirisasi industri rumput laut," bebernya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA